Menjadi Jutawan Dari Usaha Pembibitan Kambing

Menjadi Jutawan Dari Usaha Pembibitan Kambing - Sekarang ini banyak orang yang merasa bingung ketika ingin memilih bisnis apa yang mau di jalani. Padahal ada banyak sekali peluang usaha yang bisa di pilih. Bagi kalangan muda hal ini tentu saja merupakan hal yang miris karena ada sekian banyak lulusan sarjana yang malah menganggur dan menunggu pekerjaan. Disaat itu juga para kaum buruh juga sibuk menuntut agar UMP di naikkan dan jika dead lock dengan pihak perusahaan maka hal ini akan mengancam pemutusan hubungan kerja terhadap mereka.

Sedangkan calon pensiunan juga banyak yang bingung setelah pensiun akan berbisnis apa. Padahal tunjangan pensiunan yang diterima jumlahnya cukup banyak. Namun karena selama bekerja mereka tidak pernah berbisnis jadi saat memasuki masa pensiun banyak dari mereka yang merasa galau karena bingung menentukan bisnis apa. Sebenarnya sudah banyak rencana - rencana yang di susun namun perasaan takut gagal membuat mereka ragu dalam memulai usaha. Hal ini juga di sebabkan karena kurangnya pengalaman yang dimiliki dalam dunia bisnis. 

Ada juga beberapa orang yang ingin mengembangkan usaha yang akan ditekuni, masih pikir pikir dan juga bingung menentukannya, terlalu lama dalam memilih milih kekurangan dan juga kelebihan dari bisnis yang akan di tekuni. Hal ini menjadi sesuatu yang seru sekali pastinya.

Pada dasarnya ada banyak solusi dari semua masalah ini asalkan mau, niat dan suka dalam menjalankannya. Hal yang mudah dan tidak memiliki resiko nilai ekonomis yang besar adalah memulai bisnis kecil kecilan. Dan salah satu bisnis kecil kecilan itu adalah salah satunya berternak kambing pembibitan.

Anda bisa memulai usaha dengan berternak ambing yang khusus untuk urusan pembibitan atau memperbanyak populasi kambing yang di pelihara. Secara sederhana anda memelihara kambing betina lebih banyak sehingga nantinya akan beranak pinak.

Dan berikut ini ada gambaran sederhana tentang bagaimana usaha pembibitan kambing. Misalnya saja anda memiliki modal sekitar 15 juta , anda bisa membeli 6 ekor kambing betina yang produktif dan juga 1 kambing jantan yang memiliki postur tubuh tinggi besar. Sisa modal yang anda miliki bisa anda gunakan untuk membuat kandang sederhana dan juga biaya selama beberapa bulan kedepan. Dalam waktu setahun 6 indukan ini sudah bisa melahirkan sekitar 6 sampai 12 ekor anakan kambing.

Di tahun selanjutnya anda sudah bisa memiliki sekitar 13 sampai 18 ekor kambing. Lakukan pensortiran agar anda bisa menjual kambing anakan kambing jantan yang anda gemukan. Pada awal usaha kambing yang dijual digunakan untuk menghidupi kambing betina yang di kandang sehingga lama kelamaan kondisi ini akan menjadi stabil dengan anda menjual beberapa ekor kambing pada setiap bulannya. Dengan begitu ada akan mendapatkan keuntungan.


Pilih penggemukan atau pembibitan

Dibandingkan dengan penggemukan, usaha pembibitan kambing lebih dikatakan reatif lebih santai. Karena dalam usaha penggemukan kambing anda harus bekerja keras dengan mencapai target bobot maksimal agar bisa mendapatkan keuntungan. Anda harus berinteraksi dengan banyak faktor misalnya bibit unggul, pakan berkualitas, air yang cukup, tenaga pengurus, kandang, waktu pemberian pakan dan vitamin, obat - obatan yang sesuai dosis, dan semuanya yang berujung pada penambahan bobot kambing.

Sarana dan prasarana yang diutuhkan

1. Lokasi kandang

Lokasi kandang untuk usaha pembibitan kambing haruslah memenuhi persyaratan, yaitu :  Letak kandang haruslah memenuhi persyaratan seperti mudah di akses transportasi, tempatnya kering dan           tidak tergenang saat hujan, dekat dengan sumber air, mendapatkan cukup sinar matahari, tidak mengganggu       lingkungan sekitar dan juga memenuhi persyaratan higiene dan sanitasi.

2. Sumber air

Usaha pembi itan kambing harus memiliki sumber air bersih yang juga memenuhi kriteria sebagai berikut : Air yang digunakan tersedia sepanjang tahun dengan jumlah yang mencukupi, sumber air juga mudah di capai serta mudah di sediakan, penggunaan sumber air tanah tidak mengganggu ketersediaan air bagi masyarakat sekitar.

3. Bangunan dan peralatan

Untuk usaha pembibitan kambing ada sistem semi intensif dan juga intensif yang di perlukan untuk bangunan, peralatan, persyaratan teknis dan letak kandang yang juga memenuhi syarat seperti misalnya pada bangunan harus ada kandang jantan, kandang induk, kandang untuk pembesaran, kandang isolasi kambing yang sakit, gudang untuk penyimpanan pakan dan juga peralatan, serta unit penampungan limbah kambing.

sedangkan untuk peralatan meliputi tempat pakan dan juga minum, alat pemotong dan juga pengangkut rumput, alat untuk membersihkan kandang dan juga pembuatan kompos serta alat kesehatan hewan. Begitu juga dengan persyaratan teknisi kandang ternak milik anda. Kandang haruslah memiliki kontruksi yang kuat, terbuat dari bahan ekonomis dan yang mudah di peroleh, sirkulasi udara yang dimiliki cukup serat mendapatkan sinar matahari yang cukup, memiliki sistem drainase dan saluran pembuangan limbah yang baik yang mudah di bersihkan, lantai rata tidak licin juga tidak kasar serta mudah kering saat di bersihkan, luas kandang memenuhi persyaratan dan juga terpisah dari kandang isolasi.

4. Pemilihan indukan kambing

Persyaratan umum yang harus di penuhi untuk usaha pembibitan kambing ini adalah sebagai berikut :

a. Kambing haruslah dalam kondisi sehat dan bebas dari segala cacat.
b. Kecacatan seperti buta, tanduk patah, pincang, lumpuh, kaki dan kukunya juga abnormal dan tidak ada                 kelainan tulang. Tidak boleh dimiliki oleh kambing yang akan dijadikan induk.
c. Semua kambing betina juga harus terbebas dari kecacatan alat reproduksi, abnormal ambing juga tidak                 menunjukan gejala kemandulan.
d. Kambing jantan harus siap sebagai pejantan dan juga tidak mengalami cacat pada alat kelaminnya.


5. Pakan kambing

Setiap usaha ternak haruslah menyediakan pakan yang cukup bagi seluruh ternak nya. baik pakan yang berasal dari tumbuhan hijau atau pakan fermentasi  atau juga pakan konsentrat. Pakan hijau ini bisa anda dapatkan dari rumput, leguminosa, sisa hasil pertanian dan juga dedaunan yang memiliki kadar serat yang relatif tinggi dan energi rendah. Kualitas pakan hijau ini tergantung pada umur pemotongan dan ada tidaknya zat racun yang terkandung di dalam nya.

Sedangkan untuk pakan fermentasi seperti jerami. Untuk pakan konsentrat adalah pakan dengan kadar serat rendah dan kadar energi tinggi. Pakan yang tidak terkontaminasi mikroba, penyakit, bahan kimia, obat obatan yang melebihi tingkat yang dapat diterima negara pengimpor. Sedangkan untuk air minum yang di sediakan harus tidak terbatas.

6. Obat hewan

Obat hewan yang digunakan harus memiliki nomor pendaftaran agar lebih aman. Tetapi untuk obat alami tidak ada persyaratan memiliki nomer pendaftaran. Sedangkan untuk penggunana obat keras haruslah dibawah pengawasan dokter hewan dan sesuai dengan ketentuan peraturan undang - undang yang berlaku dalam bidang obat hewan.


7. Kesehatan hewan

Sedangkan agar anda mendapatkan hasil yang baik dalam pembibitan kambing anda harus memperhatikan persyaratan kesehatan hewan yang meliputi situasi penyakitnya. Karena pembibitan kambing haruslah berada di daerah yang tidak terdapat gejala klinis atau bukti lain tentang penyakit radang limpah, kluron menular, dan juga kudis. Utuk pencegahan dapat dilakukan vaksinasi.

Vaksinasi 

a. pembibitan kambing harus dilakukan juga vaksinasi dan pengujian tes laboraturium terhadap penyakit hewan yang menular yang di tetapkan oleh instansi hewan yang berwenang.
b. Melakukan pencatatan setaip ada pelaksanaan vaksinasi dan jenis vaksin apa saja yang di pakai.
c. Melapor pada dinas perternakan dan kesehatan hewan setempat terhadap berbagai kemungkinan timbulnya kasus penyakit terutama kasus penyakit yang di anggap penyakit menular.
d. Penggunaan obat pada hewan juga harus lah sesuai dengan ketentuan dan perhitungan secara ekonomis
e. Pemotongan kuku di lakukan minimal 3 bulan sekali.

Sekian informasi tentang Menjadi Jutawan Dari Usaha Pembibitan Kambing. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menjadi Jutawan Dari Usaha Pembibitan Kambing"

Post a Comment

Pencarian Artikel

Custom Search