Bisnis Jahe Merah Omset Jutaan Dengan Modal Kecil

Bisnis Jahe Merah Omset Jutaan Dengan Modal Kecil - Jahe merah merupakan salah satu jenis rempah - rempah yang masih sejenis dengan jahe biasanya. Ukuran jahe merah ini lebih ramping dan warna nya merahi serta aroma nya lebih tajam. Ketika anda mematahkan rempah ini maka anda akan mencium aroma pedas khas bau minyak astiri yang sangat tajam. Hal ini dikarenakan kandungan minyak astiri di dalam jahe merah lebih banyak di bandingkan dengan jenis jahe lainnya.

Kandungan zat antioksidan yang tinggi di dalam jahe merah membuat jahe merah banyak di buru oleh para pelaku usaha produk herbal kesehatan. Dengan tingginya nilai permintaan para pelaku usaha industri di bidang herbal kesehatan membuat harga jahe merah perkilo lebih tinggi daripada jenis jahe lainnya.

Harga jahe merah perkilo saat ini mencapai 30ribu. Harga ini jauh di atas harga jahe biasanya yang hanya 15ribu perkilonya.Sedangkan untuk harga pengepul jahe sekitar 25 ribu perkilonya. Tingginya permintaan dari pasar industri juga lumayan. Salah satunya adalah usaha produksi wedang jahe di daerah Banyumas yang mengaku setiap hari harus bisa menyiapkan sekitar 30 kg jahe merah untuk bisa memenui permintaan harian konsumen. Ini hanyalah salah satu contoh kecil dari suatu usaha dengan skala kecil.

Dengan begitu ini merupakan sebuah peluang bisnis yang prospeknya cukup menjanjikan. Bisnis budidaya jahe merah sangat fleksibel, meskipun anda lakukan dilahan sempit sekalipun. Anda juga bisa membudidayakan jahe merah pada media polybag. Sehingga meskipun lahan yang anda miliki sempit anda tetap bisa mengembangkan bisnis anda ini menjadi bisnis jahe merah yang besar.

Bisnis jahe merah juga memiliki target pasar yang baik dan modal yang di gunakan juga tidak terlalu besar. Selain itu juga jahe merah budidaya nya sangat mudah dan tidak terlalu banyak perawatannya. Jika anda seorang pemula yang membudidayakan jahe merah ini lalu gagal, ini merupakan sesuatu yang wajar. Karena belum banyak nya pengetahuan yang anda miliki. Namun anda juga tidak perlu khawatir karena ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat budidaya jahe merah seperti halnya bibit yang bagus, lahan yang subur dan juga penyiangan yang teratur.

Bukan hanya itu saja kelebihan yang di miliki pleh bisnis jahe merah, karena penanaman jahe merah juga tidak mengenal musim karena jahe merah ini bisa hidup di musi hujan dan juga musim kemarau. Selain anda bisa menjual jahe merah mentah, anda pun juga bisa berinovasi dengan mengembangkan berbagai olahan jahe merah. Misalnya saja permen jahe, bubuk jahe kering , sirup jahe, manisan jahe sampai acar jahe. Selain rasanya enak, olahan tersebut juga sangat menyehatkan. Cara tersebut tentu dapat membuat usaha anda berkembang lebih besar dan pastinya lebih menguntungkan.

Dengan banyaknya manfaat yang ada didalam jahe merah maka tidak heran jika jahe merah ini banyak di gunakan sebagai ramuan, olahan dan juga campuran makanan. Karena itulah jahe merah ini semakin banyak dikenal oleh banyak masyarakat luas. 


Peluang usaha jahe merah

Tanaman rempah satu ini memiliki prospek bisnis yang bagus. Bibit jahe merah juga banyak di cari apalagi jahenya. Target utama pasar untuk jahe merah adalah sebagai bahan baku industri obat - obatan herbal di dalam maupun di luar negeri. Selain sebagai obat jahe merah juga digunakan sebagai minuman penghangat tubuh.

Budidaya jahe merah

1. Budidaya yang gampang

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas jika anda adalah seorang pemula dalam membudidayakan tanaman jahe merah dan kemudian anda gagal ini adalah merupakan hal yang wajar. Jangan lantas putus asa dan berhenti berusaha. Menanam jahe merah sebenarnya cara nya sangat gampang dan sederhana hanya saja banyak yang tidak tahu dan juga banyak yang tidak memiliki pengetahuan.

Jadi jika anda seorang pemula maka untuk menghindari kerugian anda bisa lebih fokus dalam membudidayakan tanaman jahe bukan membuat bibit. Karena resiko mati paling besar ada di bibit. Dan kunci sukses penanaman jahe merah ini adalah dari segi bibit yang bagus, lahan oke, dan juga penyiangan yang teratur.



2. Tanaman lintas musim

Tanaman jahe merah meruakan tanaman yang bisa tetap hidup di segala musim. jahe merah bisa hidup di musim hujan dan juga kemarau. Jahe merah sangat cocok untuk anda yang ingin dokus pada bisnis ini. Anda bisa menjadikan usaha ini sebagai usaha utama dan juga usaha sampingan.



3. Olah lahan jahe merah

Banyak yang bisa anda lakukan dengan tanaman yang memiliki prospek menjanjikan ini. Jadi pengetahuan tentang lahan jahe merah juga perlu anda ketahui. Lahan yang tepat untuk mengembangkan jahe merah juga sangat di perlukan.

Jika anda tidak memiliki banyak lahan anda bisa menggunakan polybag sebagai media tanam, bisa juga menggunakan karung bekas. Jahe merah ini bisa di budidayakan secara merata dan juga berkembang. Anda bisa menanam jahe merah di teras, halaman, ladang, dan juga sawah. Dengan syarat bibit yang digunakan bagus dan juga mendapatkan cukup sinar matahari.



4. Menggunakan pupuk kandang

Pupuk yang di hutuhkan untuk menanam jahe merah ini cukup menggunakan pupuk kandang biasa. Menanam jahe merah juga akan lebih bagus jika karung bekas yang di gunakan adalah bekas karung pupuk kandang. Hal ini berfungsi untuk membantu pengembangan serta pertumbuhan tanaman jahe merah tersebut. Untuk perbandingan yang di perlukan dalam menanam jahe merah adalah 2:1:1 atau 3:2:1 yaitu terdiri dari tanah, pupuk, dan pasir.



5. Budidaya jahe merah

Setelah media dan juga lahan untuk penananaman selesai maka langkah selanjutnya adalah budidaya jahe merah.Dalam beberapa waktu penananaman jahe merah dalam budidaya nya dibutuhkan kesabaran dan juga ketelatenan. Dan dalam waktu 10 bulan anda sudah bisa memanennya.



6. Panen jahe merah

Ketika panen anda hanya membutuhkan peralatan sederhana seperti cetok. Jika anda menggunakan karung beras atau polybag ini akan lebih memudahkan anda dalam panen karena anda hanya tinggal menyobeknya saja. Sedangkan untuk jahe yang bisa anda panen kurang lebih sekitar 2 - 5 kg.



Manfaat jahe merah

7. Olahan jahe merah

Jahe merah banyak di gunakan untuk berbagai pemanfaatan. Misalnya saja dengan jahe jering yang sudah sering di gunakan sebagai olahan jamu, obat, ataupun seduhan hangat. Jahe merah juga bisa di gunakan sebagai bumbu masakan. 

Salad sehat yang anda buat juga bisa anda campur dengan jahe merah untuk lebih memberikan kualitas dan rasa yang nikmat. Dan di hari besar seperti lebaran, natal dan juga tahun baru kue kering jahe bisa menjadi jajanan yang bisa di sajikan. Anda juga bisa membuat jus jahe untuk memberikan inovasi berbagai manfaat jahe merah.



8. Inovasi

Untuk inovasi lainnya anda bisa membuat manisan dan juga asinan dari jahe merah. Karena sudah banyak yang mengenal jahe merah maka akan lebih mudah lagi jika jahe merah ini di gunakan sebagai macam - macam cara. Permen jahe yang khas dan alami juga masih banyak di cari oleh masyarakat karena di percaya dapat meredakan batuk, flu, sakit perut, dan juga masuk angin. 

Jahe merah juga dapat diolah menjadi minuman jahe instan. Anda bisa mencari informasi tentang bagaimana cara dan juga prosesnya agar calon konsumen dapat membeli tanpa harus langsung dihabiskan dan dapat di simpan untuk kebutuhan di lain waktu.



9. Promosi jahe merah

Semua bisnis memerlukan promosi termasuk bisnis jahe merah. Jadi tidak ada salahnya menggunakan berbagai cara promosi untuk lebih mengenalkan jenis usaha anda kepada masyarakat secara luas. Dengan pangsa pasar yang luas ini, bisnis jahe merah ini patut anda pertimbangakan sebagai bisnis yang menjanjikan karena jahe merah jga sangat di butuhkan masyarakat luas.



Itulah beberapa informasi tentang Bisnis Jahe Merah Omset Jutaan Dengan Modal Kecil. Pangsa pasar yang tepat juga akan membantu dalam keberhasilan usaha anda. Terus melakukan inovasi adalah merupakan modal utama untuk lebih ahli dalam upaya mengembangkan usaha serta mampu bersaing sehat dalam pasaran.

Akan lebih baik lagi jika anda lebih berkarya dalama mengenalkan jahe merah ke dunia. Agar semua orang dapat mengetahui banyaknya manfaat dari tanaman herbal ini yang ada di indonesia. Karena itulah jahe merah ini juga perlu di kenal oleh dunia. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bisnis Jahe Merah Omset Jutaan Dengan Modal Kecil"

Post a Comment

Pencarian Artikel

Custom Search