Bisnis Budidaya Semut Jepang Untuk Kerja Sampingan Di Rumah

Bisnis Budidaya Semut Jepang Untuk Kerja Sampingan Di Rumah - Jika mendengar kata semut apa yang terlintas di benak anda ? Tentu saja yang ada di pikiran anda adalah serangga kecil yang menyukai makanan dan minuman atau segala sesuatu yang mempunyai rasa manis. Serangga ini juga sering kali menimbulkan rasa sakit atau gatal ketika menggigit kulit atau juga bagian tubuh.

Walaupun begitu tetap saja Tuhan menciptakan segala sesuatunya selalu memiliki kekurangan dan juga kelebihan. Walaupun binatang ini adalah serangga bertubuh kecil dan sering juga menjadi hewan pengganggu namun beberapa dari jenis semut tersebut ternyata juga memiliki manfaat untuk manusia. Misalnya saja semut rangrang yang krotonya di gunakan untuk pakan hewan. Selain semut rangrang ternyata ada jga jenis semut yang memiliki manfaat bagi manusia yaitu semut jepang.

Beberapa tahun ini semut jepang sedang mengalami naik daun karena semut yang satu ini di ketahui memiliki khasiat yang luar biasa untuk mengobatai berbagai jenis penyakit seperti mengobati Diabetes, mencegah Stroke dan masih banyak lagi. Karena itulah banyak masyarakat yang mulai membudidayakan semut jepang untuk di konsumsi sendiri atau juga untuk bisnis.

Semut jepang memiliki banyak spesies. Tetapi hampir semua semut jepang dari variasi tersebut memiliki bentuk dan rupa yang sangat mirip dan bisa di ternakkan sehingga hal ini tidak memiliki perbedaan yang mencolok. Ciri fisik semut jepang tersebut adalah :

1. Semut jepang memiliki tubuh yang lebih besar jika di bandingkan dengan semut indonesia.
2. Semut ini tubuh nya padat dan keras.
3. Tubuh semut jepang warna nya hitam pekat.
4. Semut jepang bukan lah hewan pemakan sesama jadi hal ini akan mengurangi resiko kematian.
5. Semut jepang merupakan semut yang suka berkelompok dan memiliki intensitas reproduksi yang tinggi                 sehingga gampang sekali berkembang biak.

Karena semakin banyak jenis penyakit yang muncul, dengan begitu semakin banyak pula metode kesehatan yang di gunakan. Pengobatan secara tradisional dan juga pengobatan secara modern misalnya. Untuk kalangan menengah metode pengobatan yang di rasa cocok adalah mengkonsumsi jenis hewan - hewan yang di percaya dapat mengobati penyakit seperti semut jepang.

Semut jepang memang berasal dari jepang seperti namanya. Semut jepang yang bentuknya seperti kutu beras ini mengandung asam laktat , asam amino, asma hialuronat dan berbagai senyawa lainnya. Banyak sekali manfaat yang ada di dalam semut jepang untuk mengobati penyakit maka tidak heran jika banyak orang yang memanfaatkan semut jepang ini sebagai metode pengobatan tradisional.

Karena alasan tersebut permintaan semut jepang juga semakin hari semakin meningkat karena memang semut jepang di percaya sebagai obat yang ampuh. Dengan begitu anda bisa memanfaat kan hal tersebut sebagai peluang usaha bisnis budidaya semut jepang untuk usaha sampingan dirumah. Bisnis budidaya semut jepang ini memiliki prospek yang menjanjikan karena belum banyak pesaing dalam bisnis membudidayakan semut jepang tersebut dalam skala besar sedangkan permintaan akan semut jepang semakin tinggi.



Alasan Membudidayakan Semut Jepang

Membudidayakan semut jepang memiliki dua alasan utama diantaranya adalah :

1. Kesehatan

Seperti yang sudah saya jelaskan semut jepang ini di percaya memiliki banyak khasiat seperti mengatur kadar kolesterol, mengobati diabetes, mengatur tekanan darah, menambah vitalitas, meringankan penyakit hati, mengobati asam urat, mengobati penyakit stroke dan masih banyak lagi khasiat semut jepang ini untuk kesehatan.

2. Sebagai Usaha Sampingan

Yang menjadikan bisnis ternak semut jepang ini memiliki prospek cerah adalah karena membudidayakan semut jepang memiliki kemudahan dan tidak memerlukan penanganan khusus dan sangat mudah dalam berkembang biak.



Cara Budidaya Semut Jepang 

Seperti yang sudah saya sebut kan jika peluang bisnis budidaya semut jepang untuk usaha sampingan masing sangat bagus. Untuk anda yang berminat untuk menjalankan bisnis budidaya ini bukan lah hal yang sulit. Untuk perawatan dan juga media tempat mengembangbiakkannya juga tidak membutuhkan modal yang besar. Anda bisa melakukan budidaya semut jepang pada saat anda memiliki waktu luang. Dan berikut ini beberapa hal yang harus anda siapkan untuk menjalankan bisnis budidaya semut jepang.

1. Media Budidaya

Hal pertama yang harus anda siapkan untuk memulai bisnis budidaya semut jepang adalah media budidayanya. Media untuk budidaya semut jepang sangat mudah, anda tinggal menyediakan toples dengan ukuran sedang yang terbuat dari bahan seperti kaca dan plastik yang awet. Kemudian masukan kapas kedalam toples setengah ukuran.Kapas yang di gunakan harus kapas steril yang tidak tercampur dengan bahan - bahan kimia.

Kapas tersebut juga harus dalam kondisi kering atau tidak lembab. Patikan terlebih dulu tempat budidaya semut jepang anda aman dan terhindar dari serangga lain misalnya semut merah dan sejenisnya. setelah anda menyiapkan tempat, baru anda bisa memasukan semut jepang tersebut. Supaya semut jepang bisa bernafas berilah lubang pada tutup toples. Dan hindari toples terkena sinar matahari langsung.



2. Pemberian pakan

Proses pemberian makan untuk semut jepang merupakan proses yang sangat gampang. Karena anda cukup memberikan sebutir ragi pada 200 ekor semut jepang setiap tiga hari sekali. Anda juga cukup menaruh ragi tersebut di atas kapas yang sudah di letakan di dalam toples. Pilih ragi yang memiliki kualitas yang bagus agar semut jepang anda juga mendapatkan nutrisi yang baik pula untuk tubuh mereka.



3. Masa Perkembangan Semut Jepang

Proses perkembangan semut jepang sangat cepat. Dari masa kawin, pembentukan larva, hingga semut tumbuh dewasa waktu yang di perlukan tidak sampai satu bulan. Jika sudah beranak banyak anda harus segera memndahkan semut tersebut kedalam toples yang baru.



4. Hidari dari Semut Lain

Berilah kapur semut semut di sekitar area topes. Ini bermanfaat untuk menjaga dari serangan semut lain khususnya semut merah.

5. Jangan Terkena Sinar Matahari

Semut jepang sensitif terhadap rangsangan cahaya matahari. Jadi usahakan agar semut jepang yang anda budidayakan tidak terkena sinar matahari langsung. Dan lebih baik lagi jika anda menempatkan semut jepang di area tempat yang gelap.



Panen Semut Jepang

Setelah anda membudidayakan semut jepang anda hanya tinggal menunggu waktu panen. Dalam sebulan jumlah semut yang bisa di panen dari budidaya ini bisa bertambah hingga 30 kali lipat. Anda dapat mengkonsumsi semut jepang untuk pribadi atau juga untuk menjualnya sebagai usaha sampingan. Modal yang di butuhkan untuk bisnis budidaya semut jepang ini juga tidak memerlukan modal yang besar. Perwatan yang mudah dan tingkat reproduksinya yang tinggi membuat budidaya semut jepang ini sangat potensial. 



Anda bisa mencobanya dirumah sebagai usaha sampingan anda. Dan demikian artikel tentang Bisnis Budidaya Semut Jepang Untuk Kerja Sampingan Di Rumah. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bisnis Budidaya Semut Jepang Untuk Kerja Sampingan Di Rumah"

Post a Comment

Pencarian Artikel

Custom Search