9 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Di Desa

9 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Di Desa - Tinggal di sebuah pedesaan bukan berarti tidak bisa memiliki usaha dan berkembang seperti kebanyakan orang di perkotaan. Kesempatan menjadi orang sukses bukan hanya ada di kota  kota besar namun di desa atau kampung juga memiliki kesempatan untuk sukses dan berhasil. Kunci agar bisa sukses walaupun di desa adalah dengan kerja keras dan bersungguh sungguh.

Bagi ibu rumah tangga yang tinggal di desa juga bisa memiliki usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Penghasilan tambahan tersebut tentunya bisa digunakan untuk membantu meringankan perekonomian keluarga. Ada banyak peluang usaha sampingan yang bisa dijalankan oleh para ibu rumah tangga yang tinggal di desa dengan penghasilan yang cukup menguntungkan. 

Usaha sampingan ini bisa di kerjakan dirumah atau di sekitar lingkungan tempat tinggal anda. Dengan begitu ibu rumah tangga tetap bisa menjalankan tugas dan kewajiban sebagai seorang ibu dan juga bisa tetap menjalakan usaha sampingan. Usaha sampingan para ibu rumah tangga ini juga bisa berupa bisnis online ataupun bisnis offline. Bisnis online memerlukan koneksi internet dan bisnis offline tidak. Jadi anda bisa memilih usaha mana yang cocok untuk anda.

Berikut ini ada beberapa macam jenis Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Di Desa yang bisa anda jadikan referensi untuk memulai usaha.



Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Di Desa

1. Jual pulsa elektrik

Menjual pulsa elektrik memang jenis usaha yang sangat fleksibel, usaha yang tidak memiliki resiko, usaha yang mudah di jalankan, usaha yang bisa di mulai dengan modal kecil. Usaha menjual pulsa elektrik ini bisa di jalankan oleh siapa saja mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan, sampai ibu rumah tangga. Usaha sampingan ini juga merupakan usaha yang tidak menyita banyak waktu.

Jadi jika anda seorang ibu rumah tangga anda bisa menjalankan usaha sampingan yang satu ini. Meskipun tinggal di desa namun kebutuhan pulsa juga sangat tinggi jadi sudah pasti ini akan mnjadi usaha sampingan yang menguntungkan untuk anda. Anda juga bisa menjual pulsa token listrik.



2. Menjual nasi uduk

Nasi uduk merupakan makanan yang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat indonesia. Nasi uduk juga sering di gunakan untuk makanan pada saat sarapan kebanyakan masyarakat. Karena itulah memilih usaha sampingan menjual nasi uduk merupakan pilihan terbaik usaha sampingan di desa. 

Buatlah nasi uduk dengan rasa yang enak sehingga konsumen akan merasa ketagihan. Pasti setiap hari akan banyak orang yang membeli sarapan di tempat anda. Untuk modal usaha nasi uduk ini juga tidak terlalu besar. Modal untuk usaha ini adalah untuk membeli bahan bakunya saja.

Kemudian anda bisa menjualnya di depan rumah anda jika memang lokasi rumah anda sudah strategis. Namun jika lokasi anda kurang strategis anda bisa menjualnya di sekitar tempat tinggal anda di tempat yang lebih strategis.



3. Jasa jahit

Jika anda termasuk ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan menjahit anda bisa memanfaatkan kelebihan anda tersebut untuk memulai usaha sampingan yang bisa anda kerjakan dirumah. Untuk pertama kali anda bisa menawarkan jasa anda pada masyarakat sekitar anda dan juga teman - teman anda.

Modal awal usaha ini tidak lah banyak namun usaha sampingan ini jelas sangat potensial. Karena saat ini jarang sekali orang yang bisa menjahit. Jasa menjahit pakaian juga terus dibutuhkan karena itulah anda bisa memanfaakan kemampuan anda. Apalagi jika anda bisa menciptakan model baju yang selalu uptodate dan diterima oleh masyarakat maka usaha anda akan cepat berkembang.



4. Membuat kue 

Anda memiliki hobby memasak dan anda pandai dalam membuat aneka jenis kue maka hobby anda ini bisa anda jadikan sebagai usaha yang menguntungkan. Anda bisa menerima jasa pembuatan kue untuk berbagai acara. Anda juga bisa membuat aneka jenis kue seperti kue basah dan kue kering.

Modal untuk memulai usaha ini juga relatif murah karena hanya membutuhkan bahan baku yang harga nya murah dan mudah di dapatkan. Akan lebih menguntungkan lagi jika anda menyetok kue dan memasarkannya di berbagai warung dan toko. Dengan begitu pangsa pasar anda menjadi lebih luas.



5. Usaha katering

Usaha katering merupakan usaha kuliner yang juga memiliki prospek usaha yang sangat potensial. Akan tetapi di desa masih sangat jarang orang yang menggeluti usaha katering ini. Jadi persaingan anda masih sangat jarang sehingga ini lebih memudahkan anda dalam memulai usaha. 

Anda bisa membuka usaha katering rumahan dan menerima pesanan untuk katering berbagai acara. Jika masakan anda enak maka pelanggan akan puas dan akan menggunakan jasa anda lagi dikemudian hari.



6. Bisnis online

Bisnis online tidak hanya bisa di jalankan oleh masyarakat perkotaan saja. Pasalnya saat ini pengetahuan akan teknologi sudah menyebar luas karena itulah bisnis online juga bisa menjadi salah satu usaha sampingan yang bisa di lakukan masyarakat desa. Para ibu rumah tangga yang memiliki perangkat komputer atau laptop bisa menjalankan usaha yang satu ini. Dalam bisnis online yang paling mudah dilakukan adalah menjual barang secara online.



7. Bertani

Didesa memang identik dengan bertani atau bercocok tanam. Kebanyakan masyarakat desa memang memiliki sawah namun jika anda tidak mempunyai sawah seperti kebanyakan orang anda jangan berputus asa karena anda tetap bisa menjalankan usaha yang satu ini. Anda bisa memanfaatkan lahan kosong dirumah anda untuk menanam aneka jenis sayuran dan kemudian bisa menjualnya kepasar atau pada tukang sayur keliling. 



8. Membuka toko kelontong

Usaha toko kelontong merupakan usaha yang paling cocok untuk usaha sampingan ibu rumah tangga. Toko kelontong memang dibutuhkan oleh masyarakat untuk membeli berbagai keperluan kebutuhan sehari - hari. Usaha toko kelontong ini juga termasuk usaha yang sangat minim resiko. Anda bisa menjual berbagai perabotan rumah tangga, makanan ringan, sembako, bumbu dapur dan masih banyak lagi keperluan sehari - hari.



9. Ternak ayam

Didesa usaha yang paling identik adalah bertani dan juga berternak. Di kampung memang sudah sangat familiar dengan usaha berternak ayam dan jenis hewan lain seperti sapi dan kambing. Namun untuk ibu rumah tangga lebih baik jika berternak ayam karena tidak terlalu sulit cara perawatannya. 

Kebanyakan di desa masyarakatnya tidak jeli melihat peluang usaha yang menjanjikan seperti ternak ayam. Banyak yang memiliki ayam namun di biarkan begitu saja padahal jika di tekuni dengan sungguh - sunggu usaha ternak ayam ini juga bisa menghasilkan penghasilan yang lumayan besar. 

Anda bisa berternak ayam negri atau ayam kampung terserah anda. Anda bisa menjual telur atau daging ayam. Anda juga bisa menjual ayam hidup. Semua tergantung bagaimana anda menjalankan usaha ini. Bagaimanapun juga permintaan pasar akan daging dan telur ayam terus meningkat. Sehingga usaha ini bisa menjadi usaha yang menguntungkan.



Sekian informasi tentang 9 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Di Desa. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Di Desa"

Post a Comment

Pencarian Artikel

Custom Search