11 Usaha Sampingan Anak Kuliahan

11 Usaha Sampingan Anak Kuliahan - Kampus adalah tempat mahasiswa dan mahasiswi untuk menuntut ilmu. Namun bagi mahasiswa yang kreatif dan inovatif kampus bukan hanya tempat untuk belajar namun juga tempat untuk memulai usaha sampingan. Bahkan sudah banyak yang sukses berbisnis yang di awali dari usaha sampingan di kampus. Hal ini bisa terjadi asalkan memiliki keinginan yang kuat dan dijalani dengan serius.

Kampus selain menjadi tempat belajar materi juga bisa menjadi tempat titik awal mahasiswa dalam memulai bisnis dari nol. Saat anda kuliah sebaiknya anda menggunakan waktu luang anda dengan baik. Seperti belajar, ikut kegiatan kampus untuk menambah pengalaman, mencari referensi dan juga berfikir kedepan bagaimana mendirikan sebuah usaha yang bersifat sampingan dan dapat dikerjakan pada saat waktu luang dan tidak mengganggu kegiatan kuliah anda.

Dengan belajar menjadi wirausahawan ketika masih kuliah akan memberikan lebih banyak efek positif seperti memberikan banyak pengalaman. Dengan memiliki usaha sampingan anda juga bisa meringankan biaya kuliah dengan membiayai kuliah anda sendiri dari hasil usaha anda. Bahkan anda juga bisa menabung untuk masa depan anda kelak. Tidak perlu ragu memulai usaha meskipun anda masih bersetatus mahasiswa karena usaha yang anda lakukan adalah usaha sampingan yang tidak akan mengganggu kuliah anda.

Jika anda seorang mahasiswa tentunya anda juga tidak mau kalah dengan anak SMP dan SMA yang sudah memiliki usaha sendiri dan menghasilkan uang sendiri bukan ? Sebagai seorang mahasiswa tentunya anda sudah memiliki lebih banyak pengalaman daripada adik kelas anda. Maka dari itulah tidak ada salah nya jika anda merintis usaha mulai dari sekarang. Usaha yang cocok bagi mahasiswa adalah usaha yang mudah dan tidak menguras tenaga dan pikiran. Berikut ini ada beberapa contoh usaha sampingan anak kuliahan yang bisa anda jadikan referensi.



Usaha Sampingan Anak Kuliahan

1. Les privat

Usaha les privat merupakan usaha yang tidak memerlukan modal apapun kecuali kecerdasan otak. Bagi seorang mahasiswa usaha ini merupakan usaha yang paling cocok dijalankan pasalnya mereka bisa memberikan materi yang sudah lebih dulu di pelajari pada jaman sekolah dulu. Hal ini juga memberikan dampak positif karena dengan begitu mahasiswa tersebut juga menjadi mengingat materi yang mungkin sedikit terlupakan. Anda bisa mengajari anak usia SD, SMP, bahkan juga tingkat SMA. Tarif yang anda dapatkan juga sangat lumayan.



2. Jualan barang bekas

Usaha sampingan menjual barang bekas memang merupakan usaha yang memerlukan modal. Usaha sampingan ini juga membutuhkan kecermatan dalam membaca peluang. Karena usaha ini adalah usaha yang menjual barang - barang bekas dan kebanyakan orang meremehkannya namun bagi orang yang membutuhkannya hal ini berbeda. Semakin anda pintar membaca peluang makan akan semakin kecil pula modal yang anda butuhkan dan laba yang anda dapat akan semakin besar.



3. Usaha jasa foto dan video

Usaha sampingan ini merupakan usaha yang berhubungan dengan hobi. Biasa nya usaha ini di tekuni oleh para mahasiswa yang kuliah di jurusan fotografi. Jadi mereka dapat menerapkan materi dari kampus sekaligus menjadikan usaha sampingan saat kuliah. Walaupun begitu usaha ini bisa berpotensi menjadi usaha yang sangat potensial jika di kerjakan dengan sungguh - sungguh dan dengan manajemen yang bagus. Sehingga usaha ini bisa menjadi bisnis besar setelah lulus kuliah nantinya.



4. Usaha hiburan musik

Usaha sampingan ini cocok untuk mahasiswa yang memiliki hobi bermain musik. Dalam menjalankan usaha sampingan ini mahasiswa dituntut untuk dapat menguasai salah satu alat musik kemudian bisa mengisi acara musik di cafe yang menyediakan fasilitas musik bagi pengunjungnya. Usaha sampingan ini memiliki penghasilan yang cukup lumayan. Anda bisa menjadi penyanyi panggilan di cafe cafe. Karena ini merupakan usaha yang berasal dari hobi jadi anda tidak akan mudah bosan menjalankannya.



5. Penulis online

Seorang mahasiswa yang mempunyai kesenangan tersendiri dalam menulis maka anda bisa menjadikan ini sebagai usaha sampingan anda. Selain anda bisa menjadi penulis online anda juga bisa mencoba sebagai kontributor di sebuah situs online. Bahkan jika memungkinkan anda bisa membuka sendiri jasa penulisan online kemudian anda bisa mempromosikannya di berbagai media sosial. Jika anda dapat menghasilkan tulisan yang bagus dan berkualitas dan dibaca banyak orang dan juga mesin pencari google maka pelanggan akan memberikan nilai lebih untuk usaha penulis online anda ini.



6. Usaha jasa desain grafis

Desain grafis adalah usaha yang memerlukan sedikit modal. Namun dalam usaha desain grafis ini menuntut agar terampil dalam mengaplikasikan software. Misalnya saja photoshop untuk membuat desain grafis. Usaha sampingan ini memiliki prospek yang cemerlang karena banyak orang yang membutuhkan jasa ini. Seperti tugas desain grafis, desain kaos, desain website, dan juga jasa edit foto dan desain lainnya.



7. Usaha jasa penerjemah

Usaha sampingan penerjemah sangat cocok di jalankan oleh mahasiswa yang kuliah di jurusan bahasa. Usaha ini juga tidak membutuhkan modal untuk memulainya, hanya membutuhkan keterampilandan juga kefasihan dalam berbahasa asing. Anda juga bisa menawarkan jasa anda ini kepada sesama mahasiswa namun yang berbeda jurusan.



8. Usaha kaos

Usaha menjual kaos memang sedang populer saat ini, karena itulah banyak distro bermunculan. Anda juga mempunyai kesempatan untuk meramaikan industri ini. Tuangkan segala kreatifitas anda agar dapat menciptakan fashion yang unik dan menarik. Dalam memulai usaha ini anda jalin terlebih dulu kerja sama dengan konveksi dan sablon. Ciptakan desain kaos yang keren untuk dijual sehingga semakin keren desain kaos yang anda ciptakan semakin banyak juga peminat produk anda.



9. Usaha pembuatan toko online 

Usaha ini lebih cocok untuk mahasiswa dengan jurusan IT. Karena jasa yang di tawarkan merupakan hal yang berhubungan dengan mata kuliah pemrograman web sehingga usaha ini bisa memperdalam pengetahuan dan juga mempraktikan materi sekaligus mencari uang. Bisnis online satu ini saat ini tengah ramai di geluti banyak orang karena memiliki keuntungan finansial yang cukup besar. Sebab saat ini banyak orang yang menjual barang secara online.



10. Jasa pembuatan website

Jasa membuat website merupakan usaha yang sangat menjanjikan karena hampir semua instansi seperti perusahaan, sekolah, kampus, blog serta website personal sudah sangat banyak di internet. Hal ini merupakan peluang yang sangat menguntunkan. Usaha ini juga cocok untuk mahasiswa jurusan IT. 



11. Usaha jual pulsa

Usaha jual pulsa adalah usaha yang memerlukan modal kecil sehingga usaha ini paling banyak di minati khususnya bagi para pelajar dan juga mahasiswa. Usaha ini merupakan usaha yang paling mudah di jalankan dan bisa dibilang usaha ini tidak memiliki resiko. Karena itulah banyak sekali pelaku usaha menjual pulsa ini. Meskipun banyak pesaing namun anda tidak perlu khawatir karena kebutuhan akan pulsa selalu meningkat dan tidak pernah ada habisnya. Anda bisa menjual pulsa kepada teman - teman anda dan juga kepada saudara, tetangga dan orang terdekat anda.



Sekian informasi tentang 11 Usaha Sampingan Anak Kuliahan. Semoga dapat bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Usaha Sampingan Anak Kuliahan"

Post a Comment

Pencarian Artikel

Custom Search