Usaha Ikan Hias yang Menguntungkan

Usaha Ikan Hias yang Menguntungkan - Semua orang selalu punya hobi dan kegemarannya masing - masing. Tidak terkecuali mereka yang hobi mengoleksi ikan hias. Ikan hias memang memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri. Ikan hias sangat beragam dan memiliki banyak jenis. Sebab itu tidak sedikit orang yang mengoleksi ikan hias.

Saat ini banyak orang yang memelihara ikan hias di rumah seperti di kolam ikan di taman dan biasanya juga ikan hias di dalam aquarium yang di pajang di dalam rumah. Ini membuktikan bahwa ikan hias memang mempunyai pengaruh bahkan pada pemilik rumah.

Bagi para penghobi ikan hias, ikan hias mampu mengusir kejenuhan mereka hanya dengan melihat ikan hias mereka berenang kesana kemari. Saat ini permintaan akan ikan hias di pasaran cukup banyak, dan karena ikan hias adalah mahluk hidup yang dapat mati, jadi permintaan akan ikan hias akan selalu ada.

Untuk anda yang memiliki hobi dan kegemaran terhadap ikan hias, anda bisa mengembangkan hobi anda ini menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Anda bisa menyalurkan hobi anda sekaligus mendapatkan keuntungan dari situ. Pengetahuan anda tentang ikan hias juga akan semakin bertambah.


Di indonesia ada banyak sekali jenis ikan hias yang bisa di budidayakan. Jenis ikan air tawar adalah jenis ikan yang lebih mudah di budidayakan dari pada jenis ikan laut. Membudidayakan ikan air tawar bisa menggunakan teknologi sederhana dan biaya yang murah. Sehingga budidaya ikan hias ini bisa di kembangkan sebagai bisnis rumahan.

Di indonesia ada beberapa jenis ikan yang menjadi primadona para penghobi ikan hias seperti ikan cupang dan ikan arwana. Ikan hias dari negara lain juga banyak di budidayakan di indonesia antara lain seperti ikan koi, ikan guppy, dan ikan koki. Bagi mereka pecinta ikan hias tentu tidak asing dengan jenis - jenis ikan tersebut.

Saat ini banyak para pembisnis ikan hias yang mulai bermunculan. Karena prospek usaha ini memang bagus dan masih terbuka lebar. Konsumen ikan hias ini juga tidak sulit di cari karena tampilan ikan hias yang cantik dan menarik mampu manarik minat konsumen.

Bisnis ikan hias ini cocok di jalankan oleh siapa saja karena usaha ikan hias ini mudah di jalankan dan proses pengolahannya juga gampang serta untungnya yang lumayan. Usaha ikan hias ini juga tidak pernah sepi oleh konsumen.

Untuk anda yang hobi dengan ikan hias dan berminat untuk menjalankan usaha ini anda bisa memulainya sekarang, dan berikut ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam memulai usaha budidaya ikan hias ini.


Tips Budidaya Ikan Hias 

1. Tempat Pemeliharaan

Hal pertama yang harus anda siapkan untuk budidaya ikan hias adalah tempat pemeliharaan nya atau media hidup ikan hias tersebut. Aquarium adalah media hidup yang paling tepat untuk membudidayakan ikan hias, ini juga lebih efektif untuk anda yang tidak punya lahan luas. Siapkan aquarium berbentuk memanjang untuk budidaya ikan hias ini.

Aquarium lebih mudah di aplikasikan untuk berbagai jenis ikan hias. Suplai air yang anda sediakan juga akan jauh lebih natural dan alami tanpa kandungan bahan kimia. Anda juga harus memperhatikan PH air, semua kondisi air harus anda cek. Penggunaan sekat pada aquarium juga perlu anda perhatikan untuk beberapa jenis ikan yang mudah bertarung.


2. Pelihara berbagai jenis ikan hias

Untuk lebih efektif anda bisa memelihara berbagai jenis ikan hias. Karena konsumen akan lebih tertarik dengan beragam pilihan ikan hias yang anda sediakan. Ada banyak jenis ikan hias yang banyak di cari konsumen seperti ikan guppy, discus, cupang, oscar, molly dan masih banyak lagi.


3. Tahap perjodohan

Dalam tahap pembiakan ini anda harus memilih indukan yang berusia matang dan berkualitas. Perhatikan juga suhu yang di butuhkan sampai kadar PH yang pas untuk pembiakan. Beberapa jenis ikan memerlukan waktu yang lebih lama untuk proses perjodohan bahkan sampai memerlukan suntikan. Namun ada juga jenis ikan yang mudah saja berjodoh.


4. Tahap pembesaran

Jika tahap perjodohan sudah berhasil dan telur - telur sudah menetas, perhatikan juga pemeliharaan larva hingga menjadi ikan siap panen. Jika ikan masih berbentuk larva hingga beberapa hari maka tidak membutuhkan pakan. Ukuran larva ini akan membesar dan mulai membutuhkan pakan seperti cacing sutera dan jenis kutu air. Sampai pada akhirnya ikan ikan ini bisa memakan makanan seperti ikan kecil pada umumnya dengan tekstur yang lebih lembut.

Biasanya ikan yang sudah tumbuh perlu anda pindahkan ke dalam aquarium yang lebih besar. Hal ini di perlukan untuk pertumbuhan ikan dan memberikan ruang gerak. Pastikan aquarium tidak terlalu padat agar ikan tercampur dengan jenis predator atau musuhnya.



5. Kebersihan aquarium

Kebersihan aquarium sangat penting di perhatikan karena ini menyangkut kelangsungan hidup ikan hias. Apalagi ketika ikan pada tahap pembesaran. Karena dalam fase ini kotoran ikan akan lebih banyak sedangkan kondisi ikan masih terlalu rentan untuk kondisi air yang kotor. Oleh karena itu anda perlu membersihkan aquarium paling tidak 2 hari sekali untuk tahap pembesaran, dan sekali seminggu untuk aquarium ikan dewasa.


6. Pemasaran

Aspek penting dalam nenulai usaha dalah memastikan tersedianya pasar untuk ikan hias anda. Anda bisa ikut dalam sebuah kelompok usaha atau koperasi ikan hias. Dengan anda ikut dalam kelompok ini maka sudah ada sejumlah pembeli yang siap menampung produk anda. Anda juga bisa lebih aktif pada pasar ikan hias dan lebih mengenal para penampung ikan hias yang siap menerima pasokan ikan anda.


Demikian artikel tentang Usaha Ikan Hias yang Menguntungkan. Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Usaha Ikan Hias yang Menguntungkan"

Post a Comment

Pencarian Artikel

Custom Search