Tips Sukses Membuka Usaha Laundry

Tips Sukses Membuka Usaha Laundry - Saat ini bisnis rumahan laundry semakin berkembang pesat. Pasalnya semakin berkembang nya jaman yang semakin modern ini membuat gaya hidup masyarakat ikut berubah, yang menginginkan segalanya serba praktis dan instan.

Perkembangan usaha laundry semakin meningkat dari tahun ke tahun. Usaha laundry ini tidak hanya berkembang di daerah perkotaan saja namun juga di pedesaan. Usaha sampingan dirumah ini semakin banyak di minati oleh para ibu rumah tangga.

Bisnis laundry ini tidak membutuhkan modal yang besar dan tidak susah dalam menjalankan nya. Dengan berkembangnya teknologi dan aktifitas masyarakat yang padat membuat mereka tidak punya waktu untuk mencuci pakaian kotor. Dengan kondisi seperti ini anda bisa mengambil peluang usaha ini.

Banyak nya para pelaku usaha di bidang ini membuat persaingan semakin banyak. Disamping itu bisnis laundry merupakan usaha yang masuk dalam kategori fast moving atau usaha dengan perputaran cepat. Orderan akan sering datang dan perputaran omset nya semakin besar seiring bertambahnya waktu.


Bagi anda yang berminat menjalankan usaha laundry berikut ada beberapa tips dalam membuka usaha laundry :

1. Lokasi usaha

Dalam berbisnis lokasi usaha sangat penting sebagai penentu dimana anda akan mebuka bisnis. Pilihlah lokasi yang strategis untuk kelangsungan usaha anda. Lokasi yang strategis seperti di perkotaan, dekat dengan perguruan tinggi, perumahan, kawasan industri. Salah dalam memilih lokasi usaha akan berdampak pada bisnis anda, usaha anda akan sepi.


2. Harga

Harga sangat berpengaruh dalam hal ini. Harga yang bersahabat akan membuat usaha anda ramai orderan. Tentukan harga yang cocok di daerah anda. Jangan mematok harga terlalu mahal, karena ini akan membuat pelanggan enggan menggunakan jasa anda.


3. Pelayanan

Alasan mengapa bisnis laundry ramai dan mempunyai pelanggan tetap adalah pelayanan nya. Pelayanan yang baik dan prima akan menjadi nilai tambah untuk usaha anda. Berikan lah pelayanan yang oke pada pelanggan - pelanggan anda.


4. Pemasaran

Dalam bisnis pemasaran juga penting, apalagi bisnis laundry ini banyak pesaingnya. Lakukan pemasaran yang kreatif. Seperti melakukan promosi dengan menggunakan brosur atau selebaran, promosi lewat media sosial juga tidak ada salahnya. Berikan lah promo menarik untuk usaha anda misalnya laundry 5 kali gratis laundry 1 kali  dengan batasan berat (Kg).


5. Hargai waktu

Waktu adalah uang, untuk menjalankan usaha laundry ini anda juga harus tepat waktu dalam pengerjaan orderan pelanggan. Adanya janji kesepakatan penyelesaian waktu laundry maka itu adalah pertaruhan bisnis anda. Saat menyelesaikan laundry tepat waktu maka itu artinya anda menambah pelanggan setia untuk usaha anda.


6. Layanan tambahan

Anda bisa memberikan layanan tambahan untuk antar jemput orderan pada pelanggan. Ini akan memudahkan pelanggan dan secara tidak langsung pelanggan akan lebih memilih menggunakan jasa anda daripada tempat lain.


Sebelum anda memilih usaha laundry ini pastikan dulu anda bisa mencuci. Karena kebersihan pakaian adalah hal yang sangat penting di perhatikan. Pasalnya jika pakaian tetap kotor ini akan membuat pelanggan tidak percaya pada usaha anda dan tidak lagi menggunakan jasa anda.

Selalu berikan yang terbaik untuk pelanggan anda, kepuasan pelanggan adalah prioritas utama. Selalu berinovasi dan keluarkan ide kreatif untuk mengembangkan bisnis anda agar mampu bersaing. Bagi ibu rumah tangga usaha sampingan ini sangat cocok untuk di jalankan. Dengan ketekunan dan kerja keras usaha anda pasti akan berkembang lebih besar dan anda bisa membuka cabang baru.

Demikian artikel tentang tips sukses membuka usaha laundry. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Sukses Membuka Usaha Laundry"

Post a Comment

Pencarian Artikel

Custom Search