9 Tips Sukses Bisnis Kuliner Agar Laris Manis

Bisnis yang tidak akan pernah ada habisnya adalah bisnis kuliner. Bisnis makanan ini termasuk kebutuhan pokok masyarakat. Setiap orang membutuhkan makanan. Oleh sebab itu bisnis ini banyak diminati orang. Dan karena banyak pelaku usaha dalam bidang kuliner ini maka persaingan dalam bisnis ini sudah pasti tidak sedikit. Jika anda sudah mantap ingin berbisnis kuliner maka anda harus siap untuk segala resiko. Semua bisnis memang mempunyai resiko nya masing - masing jadi tidak perlu ragu untuk melangkah memulai bisnis.

Melihat potensi yang bagus dalam bisnis kuliner membuat persaingan nya sangat ketat. Namun bagi anda yang ingin berbisnis kuliner tidak usah khawatir, karena makanan anda pasti akan tetap laku karena banyak nya jumlah orang.

Untuk membuat Bisnis anda laris manis ada beberapa tips yang harus anda lakukan. Berikut tips sukses bisnis kuliner agar laris manis :


1. Menu

Menu adalah hal yang paling utama dan penting dalam menjalankan bisnis kuliner ini. Menu akan menentukan segalanya. Anda harus menciptakan menu - menu yang unik dan enak agar pelanggan anda tertarik mencobanya dan menjadi pelanggan tetap.

Kemampuan  memilih menu dalam bisnis ini menjadi penentu apakah usaha anda akan laris manis atau sepi pembeli dan akhirnya tidak laku. Dengan pemilihan menu yang tepat, bisnis kuliner akan lebih mudah dalam mengorganisir bahan baku, waktu memasak dan tentu saja anggaran nya.

Menu yang enak dan di terima oleh konsumen akan membuat usaha anda lancar dan laris manis. Bahkan konsumen anda bisa menjadi pelanggan tetap anda.


2. Ciri Khas

Setiap bisnis harus punya ciri khas nya masing - masing, apalagi bisnis kuliner. Buat lah ciri khas untuk usaha anda ini. Ciri khas di perlukan agar para konsumen tidak kesulitan menemukannya dan bisa membedakan dengan tempat lainnya.

Ciri khas bisa menjadi daya tarik pembeli. Misalnya saja nama yang unik untuk bisnis anda dan juga menu - menu anda yang unik. Anda juga bisa memberikan dekor ruangan untuk usaha rumah makan anda ini. segala hal yang unik pasti menarik minat konsumen untuk mencoba.


3. Lokasi

Nah lokasi usaha ini juga tidak kalah penting nya. Bisa anda bayangkan jika anda salah memilih lokasi usaha anda yang  jauh dari keramaian dan jarang di jangkau oleh orang pasti bisnis anda ini tidak akan berkembang.

Maka pemilihan lokasi ini penting kita lakukan. Pilih lah lokasi yang dekat dengan keramaian, seperti di dekat pusat perbelanjaan dan di tempat - tempat yang banyak di kunjungi orang. Dengan lokasi yang ramai tentunya restoran atau rumah makan anda juga ikut ramai.


4. Pelayanan

Pelayanan dalam usaha ini juga penting. dengan pelayanan yang bagus maka pengunjung akan merasa nyaman. Percuma saja jika menu anda sudah menjadi andalan dan restoran anda ramai pengunjung tapi pelayanan yang di berikan tidak memuaskan, ini akan membuat sedikit demi sedikit pelanggan anda lari dan usaha anda akan sepi kemudian bangkrut.

Jadi untuk mensukseskan Bisnis kuliner anda ini, berikanlah pelayanan terbaik. Buat para pelanggan nyaman dan merasa seperti seorang raja. Maka mereka tidak akan merasa kapok untuk kembali ketempat anda.


5. Tentukan Harga

Harga disini juga menentukan kelangsungan usaha anda. Jangan sampai anda mematok harga yang sangat mahal dibanding tempat - tempat lain, ingat pesaing anda sangat banyak. Jangan sampai harga di tempat anda sangat mahal dan tidak sewajarnya membuat para pelanggan anda memilih tempat lain yang lebih murah.

Jangan mematok harga yang sangat murah juga, ini bisa membuat anda rugi dan mengalami kebangkrutan lama kelamaan. Pasanglah harga yang sewajarnya. Dengan harga yang bersahabat dan rasa masakan yang enak ini akan  membuat pelanggan senang dan mencari cari produk anda terus menerus.


6. Menjaga Kebersihan

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Jagalah kebersihan tempat anda. Karena tidak ada orang yang mau makan di tempat yang terlihat kotor dan tidak sehat. Jika anda tidak ingin pelanggan anda lari maka jagalah kebersihan tempat anda selalu.

Karena dengan tempat yang bersih maka pelanggan akan senang makan di tempat anda. Menjaga semua kebersihan peralatan memasak peralatan makan dan kenyamanan ruangan akan menjadi nilai tersendiri di mata pelanggan.


7. Fasilitas Pendukung

Dalam menjalankan bisnis apapun yang namanya fasilitas pendukung itu perlu. Fasilitas pendukung ini berfungsi sebagai sarana pelengkap untuk pelanggan dan mendukung kepuasan konsumen. Karena kepuasan pelanggan adalah prioritas dalam menjalankan bisnis. Fasilitas pendukung yang di perlukan misalnya saja toilet, wi-fi, dan ac atau kipas angin. Hal ini tentu saja mendukung kepuasan konsumen dan membuat pelanggan betah di restoran atau tempat makan anda.


8. Terus Melakukan Peningkatan

Lakukan terus inovasi, tingkatkan terus kualitas usaha anda. Ini akan membuat pelanggan terus betah menjadi konsumen anda. Peningkatan kualitas ini bertujuan untuk membuat pelanggan betah dan tidak lari ketempat lain. Dengan terjaganya kualitas usaha anda, tidak menutup kemungkinan anda bisa terus mengembangkan usaha anda dan membuka cabang.


9. Promosi

Lakukan promosi untuk kelancaran usaha anda. Agar usaha anda di kenal banyak orang dan semakin banyak pelanggan anda. Promosi juga sama penting nya, karena jika sebuah usaha tidak di promosikan maka percuma saja tidak akan ada yang tahu.

Anda bisa melakukan promosi dengan menggunakan brosur dan kartu nama. Anda juga bisa mempromosikan nya lewat media sosial. ini akan memperluas target pasar anda. Jika pengunjung di tempat anda ramai dan puas dengan pelayanan dan menu di tempat anda maka promosi dari mulut ke mulut akan berjalan lancar.


Demikian 9 tips sukses bisnis kuliner agar laris manis. Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Tips Sukses Bisnis Kuliner Agar Laris Manis"

Post a Comment

Pencarian Artikel

Custom Search