Peluang Usaha Ternak Lele Kolam Terpal

Peluang Usaha Ternak Lele Kolam Terpal - Saat ini banyak sekali orang yang membudidayakan lele dengan menggunkan kolam terpal. Pasalnya kolam terpal di nilai lebih mengguntungkan dan efektif. Budidaya ikan lele merupakan peluang usaha yang bagus karena ikan lele sudah di kenal oleh masyarakat luas.

Usaha ternak lele ini cocok untuk pemula atau orang yang sudah berpengalaman dalam bidang ini. Berternak lele termasuk ternak ikan yang mudah, karena lele termasuk ikan yang tidak mudah terkena penyakit dan tingkat pertumbuhannya yang cepat.

Usaha budidaya ikan lele memang sangat menggiurkan, bukan hanya dari keuntungannya saja namun karena perawatannya yang cukup mudah makanya banyak orang yang memilih terjun dalam usaha budidaya ikan lele.

Saat ini kebanyakan petani ikan lele menggunakan kolam terpal untuk budidaya. Karena menggunakan kolam terpal mempunyai beberapa keuntungan seperti lebih mudah, karena proses pembuatan kolam terpal tidak lah sulit dan tidak terlalu menguras tenaga.

Kolam terpal juga lebih meghemat modal yang di keluarkan. Karena hanya menggunakan bambu dan terpal. Modal yang anda keluarkan tergantung berapa besar sekala usaha anda. Dengan menggunakan kolam terpal anda juga bisa lebih mengontrol masalah hama dan penyakit. Bisa lebih mengontrol suhu, cuaca dan intensitas air kolam juga.

Kolam terpal dirasa lebih fleksibel karena anda bisa membuat kolam sesuai dengan lahan dan modal yang anda punya. Dalam tahap pembersihan kolam, anda juga tidak akan mendapat kesulitan. Anda hanya tinggal mencuci terpal nya saja. Mudah bukan menggunakan kolam terpal sebagai media budidaya ikan lele ?


Untuk usaha ternak lele dengan kolam terpal ada beberapa hal yang perlu di perhatikan seperti :

1. Pemilihan bibit

Dalam budidaya ikan lele pemilihan bibit adalah hal yang penting. Bibit yang berkualitas akan mempengaruhi kesuksesan usaha anda. Pilih benih lele yang mempunyai ukuran sama rata, gesit, dan warnanya sedikit terang. Pemilihan benih yang ukuran nya sama rata bertujuan agar pertumbuhan nya serempak. Bibit yang sehat dan pergerakan nya yang baik kemungkinan besar terhindar dari penyakit.


2. Kualitas air

Lele tidak menyukai air yang jernih namun bukan berarti kita harus jorok. Air yang bagus untuk lele adalah berwarna hijau itu artinya lele sedang berkembang. Jika air kolam berubah menjadi merah itu artinya ikan siap untuk di panen.

Anda juga perlu menjaga kebersihan air, karena lele bernafas menggunakan labirin maka lele tidak boros oksigen. Manfaatkan tanaman air seperti enceng gondok dan talas sebagai tanaman yang membuat keruh kolam namun tidak menyebabkan air tercemar. Tanaman ini justru mampu menyerap racun di dalam air.


3. Ketinggian air kolam

Menggunakan kolam terpal anda harus mengontrol ketinggian air kolam, karena air kolam akan terus berkurang disebab kan penguapan. Ketinggian air kolam yang baik bagi lele adalah 20 cm di bulan pertama, 40 cm untuk bulan kedua, dan 80 cm untuk bulan ketiga.


4. Pakan ikan lele

Pakan lele adalah komponen budidaya ikan lele yang mahal. Pakan lele adalah pelet atau sentrat. Pakan lele di berikan 3 sampai 4 kali sehari. Dengan harga pakan yang mahal anda bisa mencari alternatif untuk pakan lele seperti kroto, ikan - ikan kecil, ayam mati, dan ampas rumah tangga.


5. Panen

Panen adalah masa - masa yang paling di tunggu oleh para peternak lele. Ikan lele siap di panen biasanya ketika sudah berumur 90 hari. Pilihlah ikan yang cocok untuk di panen. Jumlah ikan perkilogram berbeda - beda. Biasanya ada yang berjumlah 4 sampai 7 ekor.


Demikian artikel tentang Peluang Usaha Ternak Lele Kolam Terpal, untuk anda yang ingin cepat panen anda bisa membudidayakan lele sangkuriang. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peluang Usaha Ternak Lele Kolam Terpal"

Post a Comment

Pencarian Artikel

Custom Search