Peluang Usaha budidaya sayuran Organik

Di indonesia kaya akan sayuran organik. Hampir semua jenis sayur di tanam di indonesia. Hal ini tentu saja membuka peluang usaha budidaya sayuran organik. Terlebih sekarang masyarakat yang sadar akan hidup sehat. Mereka sudah mulai meninggalkan makanan seperti junk food dan beralih pada makanan sehat seperti sayuran - sayuran organik.

Sayuran organik makin banyak di gemari oleh masyarakat karena selain sehat sebagai menu diet, sayuran organik juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang bagus untuk tubuh. Menurut penelitian sayuran organik lebih bagus daripada sayuran biasa karena sayuran organik menggunakan pupuk yang aman dan tidak menggunakan pestisida.

Untuk menciptakan sayuran organik tanaman di tanam di atas tanah menggunakan pupuk organik dan di olah secara organik juga tanpa ada nya bahan kimia yang digunakan. memang pengolahan nya sedikit lama namun hasilnya di cari oleh banyak orang sehingga keuntungan yang diperoleh juga semakin besar.

Untuk budidaya sayur organik juga tidak membutuhkan lahan yang luas, modal yang di perlukan juga tergantung dari skala bisnis anda. Tapi bagaimanapun modal nya juga tidak terlalu besar.

Banyak jenis sayuran yang bisa anda budidayakan seperti tomat, selada, sawi, terong dan banyak lagi lainnya. Peluang usaha budidaya sayuran organik ini masih terbuka lebar. Dan berikut beberapa peluang bisnis yang bisa anda jalankan :


1. Penanam Sayur

Ini sama artinya dengan petani sayur. Jika anda mempunyai lahan yang cukup, ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Untuk jenis penanaman sayur ini lokasi yang paling strategis adalah di aderah pegunungan karena kualitas sayur nya akan lebih baik. Tapi bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan tidak perlu khawatir, anda masih bisa menggunakan teknik hidroponik. Untuk awal usaha ini akan membutuhkan modal yang lumayan besar dan dibutuhkan ketekunan dalam menjalankan bisnis ini.


2. Pengepul Sayur

Menjadi seorang pengepul hal pertama yang harus anda lakukan adalah anda harus mempunyai beberapa kenalan penanam sayur yang sudah terbukti kualitasnya. Setelah itu anda harus bekerja sama dengan beberapa minimarket yang menjual sayur organik. Disini anda hanya perlu mengemas dan mendapatkan keuntungan. Jika produk anda terjamin mutu dan kualias nya maka usaha anda ini akan berhasil dan bertahan.


3. Kurir sayuran Organik

Menjadi seorang kurir membutuhkan paling sedikit modal. Karena anda bisa menyewa pick up atau menggunakan sepeda motor anda untuk mengantar barang. Menjadi kurir harus bisa memberikan pelayanan tercepat dan juga terbaik. Dengan pelayanan terbaik dan terjaganya kualitas sayur maka ini awal dari kepercayaan komsumen terhadap anda.



4. Toko Sayuran Organik

Dalam bidang ini modal yang anda butuh kan tidak lah sedikit. Karena harga sayur organik yang mahal. Sebaiknya anda menyewa kios di mall - mall yang banyak menjual berbagai jenis tanaman organik. Karena sayuran organik lebih ke target pasar kelas menengah. Sehingga dengan begitu kesempatan sukses anda lebih luas.


Bagi anda yang berminat untuk bisnis ini anda bisa mulai menyiapkan Media tanam, ada beberapa media tanam yang bisa anda pilih seperti menggunakan polybag atau pot, media hidroponik, media vertikulture, dan media aeroponik.

Masa panen sayur organik juga tidak terlalu lama dan bisa di panen 2 kali dalam satu minggu, tergantung dari pertumbuhan tanaman itu sendiri. Tanaman yang memiliki masa panen yang cepat adalah sayuran berdaun hijau di bandingkan dengan tomat atau terong.

Perawatan sayuran organik memerlukan perawatan khusus dibandingkan dengan tanaman yang di tanam secara konvensional. Karena tanaman organik mudah terkena hama dan penyakit.

Demikian artikel tentang peluang usaha budidaya sayuran organik. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peluang Usaha budidaya sayuran Organik"

Post a Comment

Pencarian Artikel

Custom Search