Peluang Usaha budidaya ikan patin dan Tips agar Untung Besar

Peluang Usaha budidaya ikan patin dan Tips agar Untung Besar - Ikan patin adalah ikan yang sudah cukup familiar di kalangan masyarakat kita. Pasalnya ikan ini memiliki gizi yang lebih banyak di bandingkan dengan ikan lele. Jenis ikan ini banyak di konsumsi karena rasa daging nya yang gurih dan lezat sehingga sering dijadikan sebagai menu masakan keluarga.

Karena banyak nya penggemar ikan patin dan tinggi nya permintaan pasar terhadap pasokan ikan patin maka hal ini bisa anda jadikan sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Sudah banyak pelaku usaha budidaya ikan patin tersebut. Saat ini ikan patin menjadi komoditas unggul di bidang perikanan. Karena itulah tidak ada salah nya untuk anda yang ingin memulai usaha budidaya ikan patin tersebut.



Tips Budidaya Ikan Patin

1. Persiapan Kolam

Untuk kolam tempat budidaya ikan patin anda bisa menggunakan kolam terpal atau kolam tembok. Namun saran saya lebih baik menggunakan kolam terpal saja, karena modal yang di keluarkan tidak terlalu besar serta kolam terpal lebih mudah perawatannya. Untuk persiapan pembuatan kolam terpal anda juga harus memperhatikan lokasi yang akan anda gunakan. Siapkan lah kolam terlebih dahulu sebelum memulai budidaya ikan patin.



2. Penebaran Benih

Tahap selanjutnya setelah persiapan kolam selesai maka saatnya untuk penebaran benih. Anda bisa mendapatkan benih ikan patin pada petani ikan yang lain. Untuk pertama kali anda bisa membelinya terlebih dahulu pada pihak lain. Setelah nanti anda berhasil dan semakin menguasai cara budidaya ikan patin maka anda bisa membibitkannya sendiri. Pilihlah benih ikan yang sehat dan tidak terkena penyakit. 



3. Alat Pendukung

Siapkan juga peralatan pendukung untuk budidaya ikan patin. Beberapa alat pendukung untuk budidaya ikan patin antaralain adalah blower, pompa air, paralon, dan penjaring untuk alat memanen nantinya. Anda bisa mengganti paralon tadi dengan selang agar lebih mudah dan lebih lentur ketika di gunakan. Alat - alat tersebut wajib anda miliki untuk pelengkap budidaya ikan patin.



4. Pemberian Pakan

Ikan patin harus di beri pakan yang tepat agar pertumbuhannya baik. Bulan pertama ikan patin bisa di berikan pakan berupa cacing sutra. Dan bulan - bulan berikut nya anda sudah bisa memberikan pelet untuk pakan ikan patin selanjutnya. Pakan ikan patin bisa diberikan 2 kali sehari waktu pagi dan sore hari. 



5. Penanganan Penyakit 

Meskipun ikan patin termasuk ikan yang jarang terkena penyakit namun mengetahui cara penanganan dan pencegahan penyakit ini juga di butuhkan. Ini bertujuan untuk kelangsungan kehidupan ikan patin. Untuk mencegah penyakit anda harus menjaga kualitas air kolam agar tetap terjaga dengan baik.



6. Tahap Panen

Tahap panen ikan patin ada dua tahapan yaitu tahap panen seleksi dan panen total. Panen seleksi melalui proses pemilihan, ikan yang dijaring kemudian dipilih satu demi satu. Ikan patin yang sudah memenuhi bobot lalu di timbang dan di panen, sementara ikan yang bobot nya masih kurang di kembalikan lagi di kolam. Dan panen total adalah panen secara keseluruhan.



Pemasaran ikan patin yang luas dan mudah membuat budidaya ikan patin ini semakin di minati banyak orang. Harga ikan patin yang lumayan mahal juga menjadi keuntungan tersendiri untuk usaha ini. Demikian artikel tentang Peluang Usaha budidaya ikan patin dan Tips agar Untung Besar. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peluang Usaha budidaya ikan patin dan Tips agar Untung Besar"

Post a Comment

Pencarian Artikel

Custom Search