Peluang Usaha Budidaya Belut Dengan Modal Kecil

Peluang Usaha Budidaya Belut Dengan Modal Kecil - Sepintas belut mirip sekali dengan ular namun belut ini termasuk kedalam jenis ikan. Belut ini sangat licin apabila di pegang oleh tangan. Walaupun begitu belut ini sangat banyak penggemarnya, dikarenakan rasanya yang gurih dan renyah jika digoreng. belut juga memiliki banyak sekali manfaat. Cara pengolahan belut juga sangat mudah. Tidak heran jika orang yang menyukai belut sangat banyak.

Dengan banyak nya peminat maka permintaan akan belut juga cukup banyak dan banyak orang juga yang memanfaatkan keadaan ini untuk menjadikannya sebagai sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Prospek keuntungan dari hasil budidaya belut ini juga cukup besar. 

Banyak rumah makan atau restoran yang menyediakan menu dari olahan belut, yang mengharuskan mereka mendapatkan pasokan belut yang cukup dari para petani belut. Pemasaran nya yang mudah inilah yang membuat budidaya belut banyak di minati. 

Memulai usaha budidaya belut bukanlah termasuk hal yang sulit. Karena tempat hidup belut adalah di rawa - rawa dan lumpur jadi belut tetap bisa hidup ditempat kotor sekalipun. Namun untuk bibit belut tetap harus menggunakan air bersih dan terhindar dari pencemaran bahan kimia. 

Usaha budidaya belut sangat cocok dijadikan sebagai usaha rumahan yang mudah dan menguntungkan. Modal awal yang di butuhkan untuk budidaya belut tidak lah besar. Untuk bibit belut, anda bisa membelinya pada pihak lain di sekitar tempat tinggal anda. Untuk usaha budidaya belut juga tidak membutuhkan lahan yang luas, karena anda bisa menggunakan tong atau drum sebagai media hidup belut. 

Budidaya belut ini bisa anda jalankan dengan berbagai media tanam misalnya saja, anda bisa membudidayakan belut dengan air bersih, Pembibitan pemijahan belut dengan media lumpur, Budidaya belum dengan menggunakan drum, Budidaya belut dengan kolam tembok atau dengan kolam terpal ataupun tanah, Bahkan anda bisa menggunakan ember untuk budidaya belut tersebut. Ini jauh lebih praktis dan ringan, sehingga modal yang anda keluar kan lebih kecil. 



Peluang Usaha Budidaya Belut Dengan Modal Kecil

1. Media Hidup

Media hidup belut sangat penting karena ini merupakan tempat hidup belut yang anda budidayakan. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, untuk media hidup belut sangat banyak. Anda bisa menggunakan tong, drumb, kolam beton, kolam terpal, atau kolam lumpur. Jika anda seorang pemula, maka saya sarankan untuk membudidayakan belut menggunakan tong atau drum. Karena menggunakan tong dan drum jauh lebih mudah dan menghemat tempat.



2. Bibit Belut

Untuk proses pemilihan bibit belut ini juga termasuk langkah penting dalam budidaya belut itu sendiri. Untuk ukuran ideal bibit belut yaitu berkisar 1-2 cm, namun juga tergantung pada jenis belut itu sendiri. Anda bisa mencari bibit belut di sekitar tempat tinggal anda, atau pada tempat pemijahan belut. Biasanya di tempat pemijahan belut menjual berbagai jenis belut. Anda bisa membelinya pada pihak lain.



3. Air

Jika anda membudidayakan belut pada kolam atau drum dan tong maka pertimbangkanlah air nya. Mulai dari suhu dan kualitas air itu sendiri. Air yang digunakan untuk budidaya belut adalah air bersih yang bersuhu sekitar 25-31 derajat celcius. Setelah belut tumbuh dewasa anda mulai bisa memindahkannya pada kolam lumpur, karena habitat asli belut adalah di lumpur.



4. Pakan Belut

Belut sama dengan lele yang tidak merepotkan dalam hal pakan. Anda bisa memberikan pakan belut berupa kecebong, ikan - ikan kecil, bekicot, keong mas dan cacing tanah. Untuk bekicot dan keong mas sebaiknya di cincang terlebih dahulu untuk memudahkan belut mencerna nya. Jangan terlalu banyak memberikan pakan pada belut karena sisa dari pakan tersebut akan mempengaruhi air nya menjadi keruh dan berdampak pada perkembangan belut. Berilah pakan belut sekitar 5 persen dari jumlah belut di dalam kolam. Waktu pemberian pakan belut adalah malam hari atau sore menjelang malam. 



5. Perawatan Belut

Untuk perawatan belut memang cukup mudah, namun anda harus tetap memperhatikan media hidup, kualitas air, pakan dan juga berbagai hal yang berkaitan dengan belut. Namun yang mungkin perlu anda perhatikan betul adalah kualitas air. Anda bisa membuat sistem penyaringan air, dimana air yang sudah keruh di gantikan dengan air bersih.



6. Masa Panen

Yang namanya masa panen adalah masa yang di tunggu - tunggu oleh semua petani, termasuk petani belut. Jika bibit belut sudah berusia 4 sampai 5 bulan dan bobot perekor belut tersebut sudah mencapai 3 ons dan panjang nya 10 sampai 12 cm maka anda sudah bisa memanen nya. Sebaiknya sebelum memanen anda bisa menyisakan bibit belut terlebih dulu untuk di ternak kan kembali. 



Demikian artikel tentang Peluang Usaha Budidaya Belut Dengan Modal Kecil. Semoga dapat memberikan anda inspirasi untuk memulai usaha budidaya belut. Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peluang Usaha Budidaya Belut Dengan Modal Kecil"

Post a Comment

Pencarian Artikel

Custom Search