Bisnis pertanian Menguntungkan dengan teknik hidroponik

Tidak ada alasan untuk tidak bisa menjalankan bisnis pertanian karena masalah lahan. Pasalnya sekarang sedang berkembang pertanian hidroponik yang tidak menggunakan media tanah tetapi menggunakan media air yang bersilkulasi dengan menambahkan berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tanaman dengan bahan kimia.

Jika dulu pertanian hanya bisa di lakukan di pedesaan maka sekarang hal itu bisa di lakukan di daerah perkotaan yang tidak mempunyai banyak lahan. Jenis pertanian ini di anggaplebih praktis karena menghemat lahan dan setiap meter lahan di optimalkan untuk pertanian.

Kualitas dari hasil tanaman hidroponik juga dikatakan lebih bagus daripada dengan cara penananman di lahan biasa. Kesegaran dari hasil pertanian hidroponik ini juga lebih tahan lama.

Hasil dari tanaman hidroponik memang memiliki harga yang lebih mahal karena memang kualitasnya yang baik karena tidak mengandung pestisida. Kesadaran akan hidup sehat membuat permintaan akan tanaman hidroponik terus meningkat.


Bisnis Pertanian Menguntungkan dengan Teknik Hidroponik 

1. Sistem Tanam yang Baik

Kualitas dari hasil hidroponik tergantung pada sistem tanam nya. Jika kita menanam nya dengan baik maka hasil dari tanaman kita juga akan baik. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam sistem hidroponik adalah NF yaitu teknik pemberdayaan air.


2. Mudah di Kembangkan

Menanam dengan sistem hidroponik adalah sistem yang mudah di kembangkan. Untuk anda yang ingin terjun dalam bisnis ini, anda harus mengetahui teknik - teknik dalam pertanian hidroponik ini. Pangsa pasar yang luas dan permintaan akan produk tanaman hasil hidroponik membuat bisnis ini menjadi menguntungkan dan luar biasa prospeknya. Modal yang di perlukan juga tidak terlalu besar.


3. Hemat Tempat

Sistem pertanian dengan hidroponik banyak di minati sekarang ini karena alasan menghemat lahan. Anda dapat memanfaatkan lahan yang sempit sekalipun. Dengan memanfaatkan lahan sempit saja anda bisa mendapatkan keuntungan. Jadi untuk anda yang berminat bisnis pertanian namun tidak memiliki lahan ini bisa menjadi pilihan yang tepat.


4. Media yang Mudah

Jika anda menjalankan bisnis ini dirumah anda bisa menggunakan barang barang bekas seperti ember, toples, gelas, botol plastik untuk media tanam hidrioponik anda.

Perlu juga untuk membungkus wadah - wadah bening tersebut menggunakan almunium fosil untuk mencegah tumbuhnya lumut. Karena tidak menggunakan media tanah ini akan membuat lebih mudah.


5. Menyesuaikan Lahan dan Tanaman 

Untuk masalah lahan ini bisa di sesuaikan dengan jenis tanamannya. Karena pada dasarnya lahan luas maupun sempit tetap bisa anda optimalkan untuk pertanian ini.

Tanaman yang bisa anda pilih untuk pertanian hidroponik anda misalnya sawi, seledri, selada air, brokoli, timun dan banyak lagi. Selain sayuran hijau anda juga bisa menananm cabai dan tomat secara hidroponik.


6. Modal minim

Untuk jenis bisnis pertanian hidroponik ini modal yang di perlukan juga minim. Karena tidak memerlukan lahan yang luas, dan media tanam nya yang sederhana. Jika anda berhasil melakukan sistem pertanian hidroponik dan memasuki masa panen maka hasil yang anda dapatkan akan lebih daripada modal awal anda.

Seperti yang kita tahu bahwa harga tanaman hidroponik lebih mahal daripada tanaman yang di tanam dengan metode biasa.


7. Bisa Hidup tanpa Pestisida

Pertanian hidroponik tidak memerlukan pestisida. Tanaman ini bisa bertahan tanpa pestisida jika kebutuhan nutrisi pada tanaman di kelola dengan baik.

Karena tidak menggunakan pestisida tanaman hidroponik adalah tanaman yang sehat bebas residu dan racun berbahaya. Ini lah yang menyebabkan tanaman hidroponik banyak dipilih orang.



8. Hidroponik untuk Hiasan

Tanaman hidroponik tidak hanya bisa di gunakan untuk kebutuhan pangan saja namun di tangan orang - orang yang kreatif hal ini justru di manfaatkan untuk hiasan. Menambah kesan mewah namun tetap sederhana. Peminat nya juga lumayan beragam.


Dengan semakin berkembang nya teknologi sistem hidroponik bisa mendunia. Selain itu teknik hidroponik ini memberikan semua orang kesempatan bebisnis dalam bidang pertanian meskipun tidak memiliki lahan.

Demikian artikel tentang Bisnis pertanian menguntungkan dengan teknik hidroponik, Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bisnis pertanian Menguntungkan dengan teknik hidroponik "

Post a Comment

Pencarian Artikel

Custom Search