6 Peluang Bisnis pertanian Modern Yang Menguntungkan di masa kini

Peluang usaha adalah sesuatu yang akan terus ada, apalagi mengingat saat ini semakin berkembang nya jaman semakin canggihnya teknologi. Bahkan di bidang pertanian perkembangan ini juga mengalami perubahan yang pesat. Tidak hanya di bidang teknologi tetapi dalam bidang pertanian juga. Mudah nya dalam mengakses informasi membuat pelaku bisnis semakin gampang menjalankannya.

Seiring berjalan nya waktu dan semakin canggih nya teknologi sekarang bahkan di bidang pertanian membuat peluang usaha ini semakin di cari orang. Prospek bisnis pertanian ini adalah usaha yang tidak mungkin ada habisnya. Karena hasil pertanian adalah kebutuhan primer kita, yang wajib di konsumsi oleh masyarakat. Keadaan ini lah yang seharusnya kita manfaatkan dan kelola dengan baik.

Negara kita adalah negara agraris yang cukup potensial untuk bisnis pertanian dan peluang usahanya masih terbuka lebar. Jika dulu pertanian hanya ada di desa, kini bisnis itu bisa di lakukan di kota - kota besar yang tidak mempunyai lahan cukup, dan dapat dengan mudah di lakukan jika anda mau mengetahui proses nya.

Potensi dalam bidang ini semakin lama juga semakin meningkat. Karena semakin meningkatnya jumlah penduduk dan juga meningkatnya kebutuhan seringkali membuat produk pertanian tidak bisa memenuhi permintaan pasar.

Memulai bisnis pertanian ini juga banyak pilihan mulai dari modal kecil hingga modal yang besar. Tergantung dari modal yang anda miliki. Saat ini sudah banyak yang mengetahui bahwa banyak pengusaha bisnis di bidang pertanian yang sukses.

Berikut adalah beberapa contoh peluang bisnis pertanian modern yang menguntungkan di masa kini yang bisa anda jalani :


1. Pertanian Hidroponik

Pertanian hidroponik ini adalah jenis pertanian modern yang saat ini banyak di lakoni oleh banyak pengusaha pertanian. Pertanian hidroponik ini menjadi urutan pertama di antara usaha agrobisnis lainnya. Karena sistem pertanian hidroponik ini memberikan kesempatan pada siapa saja yang ingin menghasilkan keuntungan di bidang pertanian.

Jika dulu bisnis pertanian hanya di lakukan di pedesaan maka saat ini dengan adanya pertanian hidroponik hal itu tidak lagi berlaku, pasalnya dengan lahan sempit sekalipun pertanian hidroponik tetap dapat dilakukan.

Pertanian hidroponik tidak menggunakan media tanah melainkan menggunakan media air yang bersilkulasi untuk menjalankan nya. Hal ini tidak memerlukan banyak lahan karena bisa menggunakan pipa paralon yang di tata bertingkat. Anda tetap bisa mendapatkan hasil pertanian yang berkualitas dan dalam jumlah yang banyak meskipun dengan lahan yang terbatas.

Konon kesegaran dari hasil pertanian hidroponik lebih bisa bertahan lama. Oleh karena itu anda bisa mengincar pasar kelas menengah untuk target market anda. Walaupun dalam pertanian hidroponik anda harus mempunyai tenaga kerja terlatih karena sistem hidroponik ini membutuhkan keahlian khusus. Tapi tetap saja jenis pertanian ini di anggap lebih menguntungkan karena setiap meter lahan di optimalkan untuk lahan pertanian ini.


2. Pertanian Organik

Pertanian organik berbeda dengan pertanian secara hidroponik. Jika pertanian hidroponik menggunakan media air yang bersilkulasi, berbeda dengan pertanian organik yang tetap menggunakan media tanah tetapi tanpa bahan kimia dan pestisida.

Bisnis pertanian organik mempunyai potensi yang menjanjikan masa sekarang. Trend gaya hidup sehat membuat permintaan terhadap sayur dan buah - buahan organik terus meningkat. Ini menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Pemasaran untuk bisnis ini sangat luas, kita ingin mendapatkan untung seperti apa itu pilihan. Karena permintaan hasil pertanian organik ini sangat di butuhkan mulai dari mereka yang ingin hidup sehat sampai perusahaan - perusahaan pangan seperti hiypermart, carrefour dan sebagainya.

Sama halnya dengan pertanian hidroponik, anda di tuntut untuk terlatih dalam penggolahannya dalam bidang ini. Modal yang anda butuhkan di awal usaha juga lebih besar. Tetapi mengingat pangsa pasar yang luas hal ini tentunya tidak menjadi hambatan.


3. Bisnis Tanaman Hias

Bisnis tanaman hias adalah bisnis yang potensial di masa yang akan datang. Sektor pembangunan yang terus berkembang membuat permintaan akan tanaman hias mulai meningkat. Mulai dari permintaan untuk hunian pribadi, perkantoran, perumahan, hingga proyek taman kota. Belum lagi dari permintaan dari perseorangan yang mempunyai hobi berkebun dan mengoleksi berbagai jenis tanaman.

Selain itu anda bisa membuka jasa penataan taman, biasanya ini berada di kota - kota besar. Karena kebanyakan masyarakat nya tidak punya waktu luang untuk menata taman, dan jarang memiliki keterampilan dalam hal ini. Karena itu jasa penataan taman ini di perlukan. Keuntungan bisnis bidang ini juga sama menguntungkan nya tergantung bagaimana anda mengelolanya.


4. Pembibitan Tanaman

Untuk anda yang mempunyai lahan yang luas jenis bisnis ini cocok menjadi pilihan untuk usaha anda. Bisnis pembibitan tanaman ini juga termasuk kedalam bisnis yang menguntungkan. Bisnis ini tidak begitu memerlukan media tanam yang susah, pasalnya pembibitan tanaman ini menggunakan polybag saja.

Namun bisnis pembibitan tanaman ini bukan lah hal yang mudah bagi seorang pemula. Tapi anda tidak perlu khawatir karena anda bisa mempelajari cara berbisnis pembibitan tanaman dengan kunci tetap fokus, tekun, dan kerja keras dalam menjalani bisnis ini.

Dengan anda menjadi ahli dalam bisnis ini, anda akan mampu bersaing di perusahaan - perusahaan besar. Bibit tanaman sangat penting dalam bidang pertanian. Entah itu petani kecil atau petani besar mereka semua membutuhkan bibit. melihat Fenomena ini tentunya hal ini menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Beberapa jenis bibit tanaman juga mempunyai harga jual yang tinggi begitupun permintaan pasarnya. Seperti bibit pohon jati, cendana, jati emas, cengkeh dan bibit tanaman lain nya yang sulit ditemukan keberadaanya.


5. Menanam Rempah - rempah

Rempah - rempah adalah tanaman yang paling populer di indonesia. Di negara kita sangat bagus untuk di tanami berbagai jenis rempah. Banyak sekali jenis rempah yang bisa kita tanam. Tanaman ini selain dijadikan sebagai bumbu dapur juga di gunakan sebagai obat herbal.

Peluang usaha untuk bisnis rempah - rempah ini masih sangat bagus. Karena rempah - rempah di indonesia sangat di minati oleh negara lain.

Jenis rempah yang mempunyai nilai jual yang tinggi adalah jahe merah. Menanam jahe merah tidak sulit dan tidak memerlukan lahan yang luas, anda juga bisa menanam nya di dalam polybag.

Banyak sekali jenis rempah yang bisa anda jadikan pilihan untuk bisnis ini. Tetapi yang paling tampak dan banyak di jalani oleh petani - petani adalah menanam bawang merah.

Bisnis rempah - rempah ini menjadi bisnis yang menguntungkan karena target pasar nya dari semua kalangan. Mulai dari kalangan kecil, menengah sampai kalangan atas seperti restaurant.


6. Menjual Pupuk  

Bisnis pupuk bisa menjadi  bisnis yang menguntungkan terlebih jika anda bisa membuat produk sendiri. Selain anda bisa membuka lapangan pekerjaan, bisnis anda ini akan bertahan lama dan mampu bersaing jika anda kreatif dalam mengolahnya dan pintar melihat peluang usaha ini.

Bisnis anda ini akan laku keras jika lokasi tempat usaha anda berada di dekat perkebunan. Karena yang namanya perkebunan tidak mungkin hanya akan membeli 1 Kg 2 Kg pupuk saja.

Namun jika anda berada di daerah pemukiman anda bisa menjual pupuk untuk tanaman hias. Meskipun pembeliannya dalam skala kecil tapi tetap saja harga pupuk itu mahal. Anda juga bisa menjual berbagai jenis obat - obatan untuk pertanian dan alat pertanian juga.


Demikian 6 peluang bisnis pertanian modern yang menguntungkan di masa kini. Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Peluang Bisnis pertanian Modern Yang Menguntungkan di masa kini"

Post a Comment

Pencarian Artikel

Custom Search