12 Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan Bermodal Kecil

Semakin naik harga BBM membuat semua orang ingin mencari usaha sampingan untuk menambah penghasilan. Apalagi bagi para karyawan yang gajinya bisa dibilang pas - pasan sedangkan biaya hidup semakin lama semakin mahal saja. Hal ini yang membuat para karyawan memutar otak mencari peluang usaha sampingan untuk menambah penghasilan.

Usaha sampingan bagi para karyawan adalah hal yang wajar. Usaha sampingan juga tidak di larang oleh perusahaan asalkan tidak mengganggu pekerjaan utama. Sayang nya masih banyak para karyawan yang menganggap bahwa memulai usaha harus dengan modal besar, sehingga mereka takut menjalankan usaha karena alasan modal. Padahal banyak sekali usaha sampingan yang bisa dilakukan dengan modal yang kecil bahkan ada yang tanpa modal.

Kurang nya pengetahuan membuat mereka tidak tau apa saja usaha sampingan yang bisa dikerjakan tanpa membutuhkan modal besar. Untuk kalian yang bingung mau memulai usaha sampingan apa yang memerlukan modal kecil, berikut beberapa ide usaha sampingan untuk karyawan bermodal kecil :




1. Jual Pulsa Elektrik

Banyak nya pengguna smartphone sekarang ini menjadikan pulsa sebagai kebutuhan pokok yang sangat penting. Dengan membuka usaha sampingan menjual pulsa elektrik, ini akan menjadi suatu usaha yang menjanjikan.

Anda bisa menjual nya pada teman kerja anda, tetangga, keluarga, dan banyak lagi. Modal yang di perlukan untuk usaha ini juga tidak besar, sekitar 50rb sampi dengan 1 juta saja.

Berjualan pulsa elektrik juga tidak sulit dan tidak menyita waktu kerja anda, karena usaha jual pulsa ini tergolong bisa di kerjakan kapan saja. Anda hanya membutuhkan smartphone untuk melakukan transaksi dengan pelanggan.




2. Membuka Warung Kopi

Membuka usaha warung kopi adalah ide yang bagus. Pasalnya kopi adalah minuman yang banyak diminati semua kalangan, Baik dewasa, remaja, laki - laki dan perempuan. Bisa kita lihat banyak sekali warung kopi yang ramai konsumen hanya untuk nongkrong dengan teman dan minum kopi. 

Usaha ini bisa anda jalankan pada saat malam hari atau sore hari setelah anda pulang kerja. Usaha ini juga tidak memerlukan banyak modal. Selain menjual kopi anda juga bisa menjual aneka gorengan dan menu lain seperti Mie instan goreng atau rebus. Mudah sekali bukan ? apalagi kalau warung kopi anda tersedia wi-fi nya, sudah pasti akan tambah banyak konsumen yang nongkrong di warung kopi anda. 



3. Jasa Laundry

Saat ini banyak sekali orang yang tidak mau repot - repot mencuci pakaian. Apalagi bagi ibu rumah tangga yang juga bekerja pasti tidak punya waktu untuk mencuci baju keluarga, alhasil mereka banyak yang menggunakan jasa laundry. Jadi sudah di pastikan jika usaha yang satu ini termasuk usaha yang menjanjikan. Karena semakin lama semakin banyak orang yang ingin semua serba praktis. 

Bisnis laundry ini terbilang membutuhkan modal sedikit karena hanya membutuhkan mesin cuci. Jika anda dirumah sudah mempunyai mesin cuci hal ini semakin mempermudah usaha anda, anda sudah tidak perlu membelinya. Omset yang di dapat juga lumayan.




4. Menjual Makanan untuk Sarapan

Nah usaha yang satu ini memang ide yang bagus. Anda bisa berjualan makanan untuk sarapan kepada teman kerja anda. Anda bisa bangun lebih awal untuk menyiapkan dagangan anda dan membawanya ke tempat kerja untuk di jual kepada karyawan yang lain. 

Jam kerja karyawan yang terbilang pagi pasti membuat sebagian orang tidak sempat memasak untuk sarapan. Hal ini tentu peluang yang bagus bagi anda bukan ? Apalagi jika makanan yang anda buat memiliki rasa yang enak pasti mereka akan menjadi pelanggan tetap anda. Bisa jadi ketika teman anda punya acara hajatan atau sejenis nya anda di mintai tolong untuk membuatkan makanan untuk acara tersebut. Ini adalah usaha yang menjanjikan bukan ?




5. Menjual Kue kering

Bagi anda yang hobi membuat kue - kue kering atau jajanan lainnya tidak ada salah nya mencoba memasarkan produk anda tersebut sebagai usaha sampingan. Modal yang di perlukan juga tidak begitu banyak tergantung berapa banyak kue yang anda buat. Anda bisa mencoba menawarkan nya pada teman kerja anda, teman dekat, tetangga dan keluarga serta yang lain nya. 

Kue kering juga bisa tahan lebih lama dari kue basah jadi produk anda tidak cepat basi. Anda bisa memanfaatkan momentum lebaran dan acara - acara lainnya. Ketika lebaran kue kering banyak yang mencari. Bisa dilihat ini juga termasuk usaha sampingan yang menguntungkan. 



6. Jadi Penulis

Menjadi penulis adalah hal yang bisa anda kerjakan tanpa menggunakan modal. Yang terpenting anda punya komputer atau laptop dirumah. Anda bisa melakukan pekerjaan ini ketika hari libur kerja anda di kantor, bisa juga saat waktu senggang anda. Anda bisa menulis artikel, atau menulis di blog pribadi anda. 

Pekerjaan ini bisa di lakukan oleh siapa saja. Jika anda memang mempunyai hobi menulis anda bisa memilih ide usaha ini untuk dijadikan usaha sampingan anda. 



7. Menjahit

Pekerjaan yang satu ini memang kebanyakan di lakukan oleh para wanita. Tapi ada juga laki - laki yang bisa menjahit dan membuka jasa vermak pakaian. Bagi anda yang mempunyai keterampilan dalam menjahit tidak ada salahnya mencoba usaha sampingan yang satu ini. 

Usaha sampingan ini tergolong santai dan tidak mebutuhkan modal banyak, jika anda sudah punya mesin jahit anda tidak perlu membelinya. Usaha ini bisa di kerjakan ketika pulang dari kantor.




8. Les Privat

Anda mempunyai keahlian khusus di bidang akademik atau lainnya ? anda bisa membuka jasa les privat. Hal ini tidak memerlukan modal sama sekali karena yang terpenting adalah kemampuan anda. Misalnya anda pandai dalam bermain musik, anda bisa membuka kelas musik. Dan jika anda mempunyai keahlian di bidang akademik anda bisa membuka jasa les privat untuk anak sekolah. 

Selain menambah penghasilan anda juga bisa mengasah kemampuan anda. Anda bisa membuka les privat dirumah anda sendiri sehingga anda tidak perlu berkeliling tapi para murid anda lah yang datang ke tempat anda. Usaha sampingan ini cukup mengguntungkan karena tidak membutuhkan modal.




9. Bisnis Online

Ide usaha yang satu ini memang banyak diminati orang akhir - akhir ini. Karena selain mudah tanpa modal, pekerjaan ini bisa di lakukan kapan saja sebisa anda. Anda bisa membuka toko online, membuat blog, dan masih banyak jenis bisnis online yang bisa anda kerjakan. 

Anda bisa tetap bekerja di kantor dan menjalankan bisnis online ini. Bisnis online ini bisa anda kerjakan dimana pun asalkan masih tersedia akses internet. Anda bisa menjual berbagai produk lewat media sosial. Pangsa pasar nya juga tidak sedikit karena jangkauan nya lebih luas bisa sampai internasional. Yang anda butuhkan untuk menjalankan bisnis online ini adalah perangkat komputer dan koneksi internet. Modalnya tidak banyak bukan ?



10. Desain Grafis

Anda seorang yang ahli dalam bidang desain grafis ? manfaatkan lah kemampuan anda ini dalam menambah penghasilan anda. Anda bisa menjadikan ini sebagai usaha sampingan. 

Anda bisa menawarkan jasa anda untuk pembuatan desain. Biasanya jasa desain grafis yang banyak di cari adalah desain pembuatan spanduk, Neon box, desain kaos, logo, poster dan masih banyak lagi.

Untuk modal bisa dibilang bisnis ini tidak memerlukan modal, cukup sediakan koneksi internet  jika anda menggunakan layanan desain online dan yang terpenting adalah perangkat komputer. Usaha ini bisa di jadikan sebagai usaha sampingan anda. kunci sukses usaha ini adalah kreatifitas dan ketepatan waktu. 




11. Jasa Pengetikan

Ide usaha pengetikan ini banyak di minati kalangan pelajar dan mahasiswa karena tugas - tugas yang banyak dan harus di ketik membuat mereka mencari alternatif yaitu menggunakan jasa pengetikan. Usaha ini cocok dijadikan usaha sampingan karena dengan hanya mengetik anda sudah mendapatkan penghasilan. 

Usaha ini membutuhkan perangkat komputer lengkap beserta printer nya. Jika anda sudah mempunyainya tentu anda tidak usah membelinya. Tarif dari usaha ini cukup lumayan yaitu Rp 2000 per halaman, tinggal anda kalikan saja berapa jumlah halaman yang anda ketik. Cukup lumayan bukan ? 




12. Cuci Motor dan Mobil

Terakhir yang akan saya bahas adalah jasa pencucian motor dan mobil. Usaha sampingan ini hampir tidak membutuhkan modal. Apalagi ketika musim hujan, banyak kendaraan yang kotor karena lumpur - lumpur di jalan. Tentunya usaha sampingan ini cocok untuk anda yang tidak mempunyai modal untuk membuka usaha. 

Usaha ini juga bisa di lakukan  siapa saja. Dan bisa di kerjakan sepulang anda bekerja. Tarif nya juga lumayan sekitar 6rb sampai 10rb. 




Demikian beberapa Ide usaha sampingan untuk karyawan bermodal kecil, bagaimana anda tertarik melakukan nya ? Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait : Peluang Usaha Terbaik untuk Karyawan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan Bermodal Kecil"

Post a Comment

Pencarian Artikel

Custom Search