7 Peluang Usaha Sampingan Di Bulan Ramadhan yang Menguntungkan

Peluang Usaha Sampingan  Di Bulan Ramadhan yang Menguntungkan. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh keberkahan. Bulan dimana umat islam seluruh dunia diwajibkan berpuasa sebulan penuh untuk mendapatkan derajat Taqwa. Tidak hanya keberkahan yang bersifat akhirat, akan tetapi bulan ramadhan juga membawa keberkahan yang bersifat duniawi seperti kesehatan dan rezeki. Sudah menjadi hal yang wajar di masyarakat kita ketika dibulan ramadhan, gairah berbelanja kebutuhan akan meningkat tajam terutama untuk kebutuhan pangan dan sandang. Hal ini lah yang menjadi berkah tersendiri bagi beberapa penjual dan beberapa orang yang menjadi penjual dadakan di bulan puasa. 

Siapapun bisa memanfaatkan momentum ramadhan ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. bagi anda yang ingin memulai usaha, bisa memanfaatkan momentum ramadhan sebagai latihan mengelola usaha. Berikut ini akan saya sajikan berbagai macam peluang usaha sampingan di bulan ramadhan yang menguntungkan. Mengapa saya sebut usaha sampingan ? karena memang peluang usaha ini bisa dikerjakan paruh waktu dan tidak akan mengganggu kekhusyukan anda dalam beribadah.

Peluang usaha sampingan di bulan ramadhan

7 Peluang Usaha Sampingan di Bulan Ramadhan

1. Usaha Paket Menu Sahur

Sahur merupakan ibadah sunah yang dilakukan setiap muslim di bulan ramadhan agar kuat menjalani ibadah puasa di siang hari. Bagi sebagian orang, menyiapkan menu sahur menjadi aktifitas yang cukup merepotkan karena tidak terbiasa memasak sendiri atau  malas karena tempat tinggal jauh dari tempat membeli menu sahur. Kondisi ini bisa menjadi peluang usaha yang bisa kita garap dengan menyediakan menu makan sahur.

Usaha Paket Menu Sahur

Saya akan membagikan pengalaman saya saat berbisnis paket menu sahur ini.  Usaha sampingan ini akan lebih maksimal hasilnya jika anda berada di lingkungan seperti kos-kosan mahasiswa, area kos karyawan kantor, atau perumahan tertentu yang sulit akses menuju warung makanan. Strategi marketing yang anda lakukan cukup mudah. Pertama buatlah selebaran yang berisi jasa yang anda tawarkan yaitu berupa paket menu sahur dan jasa delivery order. Buatlah keterangan sedetail mungkin dan jangan lupa cantumkan kontak anda yang paling mudah dihubungi berupa pin BB, no whatsapp, atau sms.  Kemudian bagikan langsung ke rumah-rumah atau kos-kosan. Usahakan bertemu langsung dengan orang yang akan menjadi konsumen, sehingga anda bisa langsung menyampaikan promosi secara lisan sambil membagikan selebaran. Sebisa mungkin anda mendapat no kontak calon konsumen saat itu juga untuk di follow up nantinya. 

Dengan cara sederhana seperti itu, dan target pasar yang anda tuju sesuai, berdasarkan pengalaman saya, dari 10 orang yang anda kunjungi, bisa dipastikan paling tidak ada 7 orang yang akan dengan senang hati menerima penawaran anda. Itu artinya, jika anda menawarkan pada 100 orang, berarti akan ada kurang lebih 70 orang yang menjadi konsumen setiap hari. Coba kita hitung keuntungan sehari yang anda dapatkan.  jika dalam satu paket rata-rata keuntungan anda sebesar Rp 2.500, maka dalam sehari anda bisa meraup keuntungan sebesar Rp 175.000 per hari atau Rp 5.250.000 dalam sebulan. Angka yang cukup lumayan bukan, mengingat usaha yang anda lakukan cukup ringan. Hanya bekerja di awal menawarkan promosi, setelah itu sudah berjalan di hari berikutnya. Anda tidak perlu repot masak sendiri untuk menu sahurnya, Anda bisa bekerja sama dengan warung makan langganan anda, Simple, tidak repot, dan keuntungan lumayan.

2. Berjualan Takjil

Takjil seakan menjadi menu wajib saat berbuka puasa terutama di masyarakat kita. Berbagai macam takjil yang menjadi favorit masyarakat rata-rata berupa minuman segar dan makanan manis seperti kolak, es campur, kurma, martabak, dan sejenisnya. Berjualan aneka menu takjil merupakan pilihan tepat bagi anda yang ingin membuka usaha sampingan di bulan puasa.

Bisnis Takjil

Yang perlu anda perhatikan saat berjualan takjil adalah tempat strategis. Pilihlah tempat yang ramai orang lalu lalang dijamin dagangan anda akan laris manis diserbu para pemburu takjil. hehe. Jangan lupa tetap memperhatikan kualitas dagangan ya, kalau makanan anda enak, dijamin akan dicari lagi oleh konsumen besoknya. Cukup sederhana kan, dan tidak banyak menghabiskan waktu anda di bulan puasa,

3. Bisnis Pakaian dan Busana Muslim

Sudah menjadi tradisi di masyarakat kita memakai baju baru saat lebaran. Sebagian besar masyarakat berbelanja di awal-awal bulan ramadhan atau sebelum ramadhan. Alasannya sederhana karena ingin mendapat harga yang lebih murah, semakin mendekati lebaran rata- rata penjual menaikkan harga baju yang dijual.

Bisnis pakaian dan Busana Muslim

Oleh karena itu, agar memperoleh keuntungan maksimal, anda sudah memulai bisnis pakaian ini paling tidak 1 bulan sebelum ramadhan. Memuali bisnis pakaian seperti ini biasanya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Tapi tidak perlu khawatir bagi anda  yang tidak cukup modal, ada tips memulai bisnis pakaian dengan modal kecil bahkan tanpa modal. Pembahasan lebih lengkapnya sudah saya tulis di sini : Tips Memulai Bisnis Pakaian Dengan Modal Kecil.

Anda bisa menjual pakaian secara online dengan cara yang paling sederhana. Jika anda mengetahui ilmunya, walaupun hanya dengan sosial media, dagangan anda akan laris manis. Berikut ini salah satu pembahasan saya mengenai facebook marketing : Cara menghasilkan Uang dari Internet Dengan facebook.  Hal penting yang perlu anda perhatikan saat anda berjualan pakaian secara online adalah, anda harus sudah menutup penjualan saat H-10 lebaran. Karena di saat- saat itu jasa pengiriman barang sedang sibuk- sibuknya melakukan pengiriman dan kemungkinan keterlambatan pengiriman sangat tinggi. Lebih baik anda tidak melayani pembelian di 10 hari terakhir, daripada anda pusing dikomplain konsumen gara-gara barang belum sampai. Anda bisa fokus meningkatkan ibadah di 10 hari terakhir.

4. Bisnis Alat Sholat dan Perlengkapan Ibadah

Pada bulan Ramadhan, sudah pasti umat muslim meningkatkan ritual ibadahnya lebih tinggi dibandingkan bulan- bulan yang lain. Moment ini tentunnya membutuhkan berbagai perlengkapan untuk mendukung ibadah. Jumlah permintaan atas perlengkapan ibadah meningkat drastis di bulan ini.


Jenis barang yang bisa anda jual adalah : mukena, sajadah, sarung, kopyah, tasbih, Al-Qur'an, dan perlengkapan ibadah lainnya. Seperti bisnis pakaian, anda juga harus mempersiapkan diri sebulan sebelum ramadhan. Jika terkendala dengan modal, bisa juga dengan penjualan online tanpa modal.

Artikel terkait : Bisnis Online Tanpa Modal Dengan Sistem Dropship.

5. Bisnis Kue Lebaran

Menyajikan aneka kue saat lebaran merupakan tradisi di masyarakat kita yang sudah berjalan turun temurun hingga saat ini. Tidak semua orang pandai membuat aneka kue yang cantik dan enak. Oleh karena itu banyak diantara mereka lebih memilih untuk membeli kue lebaran. Jika anda mempunyai keahlian membuat kue yang enak dengan tampilan yang menarik, tentu saja ini menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

Bisnis kue lebaran

Untuk Pemasaran, anda tidak perlu khawatir. Asal kue buatan anda enak, pasti akan laris manis dan dicari-cari pembeli. Pertama anda promosi ke orang- orang terdekat bisa memanfaatkan  acara tertentu seperti arisan dan pengajian. Silahkan berikan tester kue buatan anda, jika rasa kue anda disukai teman-teman anda, maka akan terjadi yang namanya mouth to mouth marketing. Produk anda akan cepat dikenal banyak orang karena dipromosikan gratis secara mulut ke mulut oleh orang yang puas dengan kue buatan anda. Agar hasil maksimal jangan lupa maksimalkan promosi secara online. Promosi online merupakan alternatif terbaik cara promosi yang hemat dengan hasil powerful.

Artikel Terkait : Peluang Usaha makanan Dengan Modal Kecil

6. Penyalur Asisten Rumah Tangga

Menjelang lebaran banyak ibu rumah tangga yang kerepotan mengurus rumah mereka karena ditinggal mudik oleh asisten rumah tangga. Di hari-hari akhir ramadhan yang seharusnya digunakan untuk meningkatkan ibadah, malah disibukkan dengan urusan beres-beres rumah. Solusinya, banyak dari mereka yang menyewa jasa asisten rumah tangga khusus untuk momen menjelang lebaran.

Anda bisa memanfaatkan peluang bisnis jasa penyalur asisten rumah tangga ini. Yang perlu anda perhatikan adalah kualitas SDM yang anda rekrut haruslah yang berkualitas dan mampu mengerjakan pekerjaan rumah tangga dengan baik.

7. Bisnis Jasa Mudik Lebaran dan Reservasi Tiket Transportasi

Tradisi mudik lebaran merupakan tradisi yang hanya ada di Indonesia. Tradisi ini merupakan arus mobilisasi massa terbesar yang terjadi berulang setiap tahunnya. Fenomena ini menjadi berkah tersendiri bagi penyedia transportasi dimana pada moment lebaran adalah moment mereka panen besar-besaran. Permintaan akan jasa transportasi meningkat tajam di hari menjelang ramadhan, sehingga harga tiket bisa melambung tinggi lebih dari seratus persen.

Bisnis Jasa Mudik Lebaran dan Reservasi Tiket Transportasi

Anda bisa memanfaatkan peluang bisnis sebagai penyedia reservasi tiket transportasi baik itu kereta api, bus, maupun tiket pesat terbang. Anda juga bisa membuka jasa penyedia mudik lebaran bareng. Hal ini pernah saya lakukan beberapa kali ketika masih mahasiswa. Saat itu saya melihat banyak di antara teman yang tidak kebagian tiket lebaran untuk mudik. Karena memang untuk kereta api dan bus reguler merupakan alat transportasi favorit yang menjadi rebutan pemudik. Akhirnya saya bekerja sama dengan beberapa pemilik bus pariwisata untuk menyediakan transportasi bagi mudik mahasiswa. Hasilnya luar biasa, banyak sekali mahasiswa yang terbatu dan akhirnya bisa mudik ke kampung halaman masing-masing. Jadi anda bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus, pertama anda berbuat amal kebaikan karena membantu teman-teman mahasiswa bisa mudik lebaran, dan kedua pastinya adalah keuntungan materi atas bisnis yang anda lakukan.

Demikian tadi, tujuh peluang usaha sampingan di bulan ramadhan yang bisa anda ambil. Tentunya masih ada peluang - peluang lainnya yang bisa anda manfaatkan jika anda teliti melihat peluang di sekitar dan kreatif mengembangkan ide. Anda bisa memberikan masukan tentang ide peluang usaha lain yang bisa kita manfaatkan di saat bulan ramadhan. Anda bisa berkomentar di kolom komentar di bagian bawah tulisan ini. Semoga bermanfaat, dan lakukan yang terbaik bagi bisnis anda. Karena siapa tahu, usaha sampingan yang anda mulai di bulan ramadhan ini menjadi bisnis utama anda di masa depan.

Berikut kami sajikan video 7 Peluang Usaha Sampingan Di Bulan Ramadhan yang Menguntungkan. Selamat menikmati :

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "7 Peluang Usaha Sampingan Di Bulan Ramadhan yang Menguntungkan"

  1. dari beberapa peluang usaha ramadhan yang paling mudah untuk dicoba adalah Berjualan Takjil, dimana tidak membutuhkan modal yang besar dan bisa mendapatkan keuntungan yang besar. bagus ulasannya bermanfaat bagi mereka yang mau memanfaatkan moment bulan ramadhan

    ReplyDelete

Pencarian Artikel

Custom Search