Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Dengan Media Sosial

Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Dengan Media Sosial - Jumlah pengguna internet di Indonesia terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.  Data terakhir menyebutkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 57% dari seluruh total penduduk, dan sebesar 95%  dari populasi tersebut mengakses media sosial saat menggunakan internet. Indonesia diperkirakan menjadi pengguna media sosial paling aktif di seluruh dunia di masa depan. Saat ini prosentase pengguna aktif media sosial di indonesia sebesar 79,72% dan merupakan yang tertinggi di Asia. 

Kebiasaan masyarakat kita yang suka bersosialisasi, berkumpul, dan terikat dengan yang lain, membuat  konsep pertemanan online menjadi begitu populer di Indonesia. Tidak hanya puas dengan satu jenis jejaring sosial yang dimiliki, rata - rata setiap orang pengguna media sosial Indonesia mempunyai banyak akun di media sosial yang lain. Bagi para pebisnis dan marketer online, ini merupakan potensi luar biasa.
Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Dengan Media Sosial
Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Dengan Media Sosial
Jika anda termasuk salah satu orang yang mencari penghasilan di internet dan belum memanfaatkan sosial media, maka anda harus segera berubah dan menyadari begitu dahsyatnya potensi sosial media ini. Ingat, pengguna sosial media di Indonesia mencapai 95% dari total pengguna internet. Mungkin beberapa pebisnis dan marketer berpikir bahwa saat seseorang membuka sosial media, tujuan mereka bukanlah untuk membeli sesuatu atau yang lainnya. Jadi mereka menganggap terjun dan menekuni media sosial adalah aktifitas yang sia - sia.

Kenyataannya, sudah banyak pebisnis dan marketer yang menikmati gurihnya hasil yang didapat dengan memanfaatkan media sosial. Bahkan, para pemula sekalipun yang notabene tidak mempunyai ilmu marketing canggih, tetap bisa menghasilkan dengan memanfaatkan media sosial. Fakta ini cukup menjadi bukti bahwa kekuatan sosial media sangat ampuh untuk menunjang aktifitas marketing dan juga relatif mudah dalam penggunaan.
Uraian di bawah ini  akan membahas bagaimana cara menghasilkan uang dari internet dengan optimalisasi  media sosial. Silahkan disimak dengan seksama, agar anda bisa memulai menghasilkan uang atau memaksimalkan hasil uang dari internet dengan media sosial.

Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Dengan Optimalisasi Media Sosial

Cara paling gampang mendapatkan uang dari internet adalah dengan memanfaatkan  media sosial baik itu untuk toko online, pay per click, affiliate, CPA, maupun untuk aktivitas bisnis online lainnya. Meskipun cenderung lebih  mudah, bukan berarti hasil yang didapat dengan memanfaatkan  media sosial ini kecil. Justru inilah yang menjadi kelebihan  media sosial  dibandingkan dengan opimasi bentuk lain, yaitu mudah digunakan dan hasil memuaskan.

Oke, langsung saja kita mulai pembahasan tentang optimalisasi  media sosial. Tulisan ini  akan membahas secara garis besarnya, bagaimana cara mengoptimalkan media sosial. Untuk teknis sejelas - jelasnya, tidak akan bisa dijelaskan di tulisan ini semua karena akan menjadi sangat panjang dan banyak sekali yang harus dibahas.  Untuk jenis  media sosial  yang dibahas juga hanya 5 sosial media terbesar di Indonesia  yaitu :  facebook, twitter, youtube, google plus, dan instagram. 

1. Facebook

Facebook merupakan media sosial  paling populer di Indonesia. Dengan total pengguna mencapai 67 juta, membuktikan bahwa facebook menjadi  media sosial  yang paling banyak digemari masyarakat kita. Hal ini karena facebook memberikan fasilitas dan pelayanan yang baik bagi penggunanya. Dari segi fitur, facebook merupakan sosial media yang memberikan fitur lengkap bagi penggunanya, mudah dalam penggunaan (user friendly), dan juga akses ringan.

Dengan kelebihan yang dimiliki facebook, kita harus bisa memanfaatkannya dengan baik untuk menghasilkan uang. Secara Garis besar, marketing di facebook dibedakan menjadi 2 macam. Yang pertama optimalisasi facebook profile untuk marketing. Kedua adalah optimalisasi halaman facebook atau fanspage.
Cara Menghasilkan Uang dari Internet Dengan Media Sosial facebook
Cara Menghasilkan Uang dari Internet Dengan Media Sosial facebook
Optimalisasi facebook profile dilakukan dengan cara beternak akun dan meningkatkan adgerank profile facebook. Sebelum melangkah lebih jauh di marketing facebook, anda wajib memahami dengan baik tentang algoritma adgerank  pada facebook. Dengan memahami algoritma facebook, anda bisa membuat interaksi akun profile dengan teman - teman  menjadi sangat kuat karena setiap postingan yang anda buat selalu muncul di newsfeed mereka. Cara kerja optimalisasinya adalah :  anda membuat akun profile kloningan dengan add teman tertarget sampai batas maksimal 5000 teman. Tingkatkan adgerank akun anda dengan berpedoman pada algoritma facebook. Penjelasan secara lengkap algoritma facebook bisa dibaca di artikel : Pentingnya Memahami Algoritma Facebook Bagi Facebook Marketer. Setelah semua sudah dilakukan dengan baik, maka anda akan mempunyai aset berupa traffic source yang responsif. Anda bisa memanfaatkannya untuk toko online, adsense, affiliate, dan lain -lain sesuai kreatifitas anda. Jika 1 akun belum cukup, maka buatlah akun baru lagi, dan perlakukan seperti akun pertama. Cara ini dinamakan beternaka akun facebook.  Semakin banyak akun facebook yang anda punya, maka semakin besar aset yang anda miliki.

Berikut ini adalah artikel terkait tentang :  Manfaat Beternak Akun Facebook dan Cara Beternak Akun Facebook

Optimalisasi fanspage facebook dilakukan dengan facebook ads dan Pola posting yang sama dengan facebook profile yang berpedoman kepada algoritma adgerank facebook. Saat tulisan ini saya buat, adgerank dari fanspage  jauh lebih kecil dibanding facebook profile dengan perlakuan yang sama. Jangkauan postingan fanspage hanya mencapai sekitar 10% dari total fans, itupun sudah dioptimalkan gaya postingannya. Jadi, saat ini, jika kita mau yang gratis, lebih baik optimalkan facebook profile karena hasilnya jauh lebih bagus. Sedangkan untuk fanspage anda bisa mengoptimalkan dengan facebook ads. Untuk mendapatkan hasil maksimal dengan facebook ads, anda harus belajar bagaimana cara beriklan dengan facebook ads dengan baik dan benar. Ada banyak di luar yang bisa anda gunakan untuk belajar facebook ads baik itu berbayar maupun yang gratis. Salah satu tempat belajar facebook marketing gratis adalah di blog milik mas Nofi bayu yaitu fanspageid. Kabar baiknya, beriklan di facebook ini masih sangat menguntungkan dan biayanya sangat murah, tentu saja semua itu bisa terjadi kalau kita  mempunyai ilmunya. Jika fanspage anda sudah mempunyai ribuan like, ratusan ribu like, bahkan jutaan, maka anda telah mempunyai sebuah aset digital  berharga yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti toko online, adsense, affiliate, dan bisnis lainnya.

2. Twitter

Sebagai media sosial terpopuler kedua setelah facebook, twitter mempunyai keunggulan dibanding media sosial yang lain yaitu jumlah pertemanan yang tidak terbatas, dan tidak ada filter twit di halaman dashboard. Dengan jumlah pertemanan yang tidak terbatas, membuat pekerjaan lebih efektif, karena tidak perlu membuat banyak akun agar menjadi aset digital yang besar. Keunggulan lainnya, semua twit yang kita publish akan muncul di beranda semua follower kita yang sedang online.  Jadi tidak ada persaingan post dan filter post seperti yang dilakukan facebook.

Karena semua twit akan muncul di beranda follower yang online, maka cara optimalisasi di twitter menjadi sangat simple yaitu memperbanyak jumlah follower. Semakin banyak follower yang kita miliki, maka semakin besar audience yang melihat twit kita. Metode untuk memperbanyak follower ada beragam, baik itu cara otomatis maupun cara manual. Menurut saya, cara terbaik membangun follower adalah dengan cara natural dan manual.
Cara Menghasilkan Uang dari Internet Dengan Media Sosial Twitter
Cara Menghasilkan Uang dari Internet Dengan Media Sosial Twitter
Cara alami untuk membangun follower adalah dengan konten yang berkualitas. Berikanlah follower konten twit yang berkualitas secara teratur dan terus menerus. Untuk memudahkan pekerjaan ini, anda wajib menggunakan pihak ketiga untuk menjadwal twit anda. Saya sering menggunakan tweetdeck,  grabinbox, atau hootsuite. Dengan cara ini, follower anda akan bertambah secara natural dan tertarget.

Selain menggunakan konten berkualitas untuk menambah follower secara natural, anda juga perlu menambah follower secara cepat, namun tetap tertarget. Caranya adalah dengan memfollow orang - orang yang sesuai dengan niche, dan kita akan mendapatkan follower baru hasil follow back dari mereka. Untuk melakukan pekerjaan ini agar efektif dan efisien, gunakan pihak ketiga yaitu tweepi. Dengam tweepi kita bisa memfollow secara cepat orang - orang yang sesuai dan aktif di twitter. Cara ini membutuhkan konsistensi tinggi untuk mendapat hasil yang kita inginkan.

Jika anda konsisten dengan cara ini, bisa dipastikan anda akan mempunyai aset besar dengan ribuan follower yang siap dimonetisasi untuk menghasilkan uang.

3. Youtube

Salah satu alasan mengapa youtube begitu digemari masyarakat karena media ini membuat dunia maya begitu nyata dan lebih menarik dengan tampilan video. Dengan menampilkan konten berupa audio visual, youtube membuat banyak orang betah berlama - lama berselancar menikmati sajian video yang ada. Kini Youtube mempunyai jutaan koleksi video dengan berbagai niche yang diupload para pemirsanya.

Dimana banyak orang berkumpul, di situlah tempat terbaik mendapatkan banyak uang. Seperti halnya youtube, banyak pebisnis yang memanfaatkannya untuk promosi produk atau jasa mereka. Secara garis besar, ada dua cara untuk mendapatkan uang dari youtube. Pertama dengan membuat video menarik tentang produk atau jasa yang ditawarkan kemudian dipublish di youtube. Cara Kedua adalah dengan mengikuti program kemitraan adsense youtube.
Cara Menghasilkan Uang dari Internet Dengan Media Sosial Youtube
Cara Menghasilkan Uang dari Internet Dengan Media Sosial Youtube
Cara pertama adalah mempromosikan produk / jasa yang kita miliki melalui youtube. Mengupload video promosi ke youtube merupakan  salah satu promosi yang cerdas. Seringkali, video promosi kita berhasil  merangsek di halaman satu pencarian google. Kalau sudah seperti ini, ya tinggal menunggu saja nasib kebanjiran order. hehe. Agar video anda tampil di halaman satu  pencarian google, atau pencarian youtube, tidak serta merta langsung muncul. Diperlukan ilmu SEO youtube agar video anda bisa mengalahkan video pesaing. Salah satu tempat belajar SEO youtube adalah youtube domination.

Cara kedua adalah menjadi mitra youtube dengan mendaftar di google adsense untuk youtube. Sudah banyak  orang di luar sana yang menikmati gurihnya dolar  dari google adsense youtube ini. Anda akan dibayar atas view video dan klik iklan yang terjadi. Kunci sukses di adsense youtube adalah memperbanyak view video anda secara alami. Agar banyak yang menonton video anda, ada 3 hal yang harus anda perhatikan. Pertama adalah konten video yang berkualitas. Kedua, anda mempunyai banyak video yang terpublish di youtube. Ketiga adalah ilmu SEO youtube yang anda kuasai.

Jika anda konsisten melakukan 3 langkah di atas, maka bisa dipastikan anda akan menikmati gajian dolar setiap bulannya dari google adsense yang bisa anda cairkan di kantor pos terdekat.

4. Google Plus

Saat ini pengguna aktif google plus di Indonesia mencapai 3,4 juta pengguna. Artinya google plus telah menjadi salah satu media sosial yang digemari masyarakat. Keunggulan Google plus dibandingkan media sosial yang lain adalah perannya dalam membantu SEO blog. Jadi, apabila anda adalah seorang internet marketer yang mengandalkan blog untuk mencari uang, maka wajib hukumnya memanfaatkan google plus.
Cara Menghasilkan Uang dari Internet Dengan Media Sosial Google Plus
Cara Menghasilkan Uang dari Internet Dengan Media Sosial Google Plus
Secara garis besar, ada 3 manfaat google plus untuk blog anda yaitu : membantu indeks artikel, menambah kredibilitas penulis, dan ketiga bisa meningkatkan posisi SERP blog. Agar anda bisa memaksimalkan ketiga manfaat tersebut, tugas anda adalah memperbanyak jumlah orang yang berada dalam lingkaran profile google plus anda. Silahkan mulai dari sekarang membangun aset google plus anda. Mungkin saat ini jumlah orang di lingkaran anda masih sedikit, teruslah bersabar dan konsisten membangun sampai anda menikmati hasilnya nanti.

5. Instagram.

Instagram adalah media sosial berbasis sharing foto dan video yang hanya dapat diakses melalui iOS dan android. Media sosial ini cukup populer di Indonesia dan rata-rata penggunanya adalah kalangan menengah ke atas. Instagram menjadi media promosi yang ampuh bagi pelaku online shop terutama yang produknya fashion.
Cara Menghasilkan Uang dari Internet Dengan Media Sosial Instagram
Cara Menghasilkan Uang dari Internet Dengan Media Sosial Instagram
Sama seperti twitter, di instagram di kenal istilah following dan follower yang menjadi syarat terhubungnya interaksi antar individu. Jadi agar promosi anda efektif, maka perbanyak jumlah follower. Karena media sosial ini berbasis foto dan video, maka keahlian anda menyajikan konten foto dan video menarik sangat menentukan keberhasilan anda promosi di instagram. Berdasarkan pengalaman teman- teman saya yang menekuni instagram, mereka berkesimpulan bahwa konversi penjualan yang terjadi dengan mengupload foto produk melalui instagram jauh lebh tinggi dibandingkan mengupload foto produk di sosial media lain seperti facebook dan twitter. Bagi anda pemain toko online, segera ambil peluang pasar yang masih sangat luas dengan mengoptimalkan instagram.

Kesimpulan

Demikian tadi ulasan mengenai cara menghasilkan uang dari internet dengan media sosial. Kekuatan sosial media sangat besar dalam membantu kesuksesan anda mencari uang di internet. Karena terbukti bahwa 95% dari total pengguna internet membuka media sosial saat berselancar di internet. Bagi anda para pemula, sosial media menjadi cara paling mudah dan cepat menghasilkan uang. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Dengan Media Sosial"

  1. trimakasih ilmunya, mas... sangat bermanfaaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 Mbak @Ayta Miza... terima kasih telah berkunjung ke Blog ^_^

      Delete
  2. keempat media sosial ini banyak dipakai untuk mencari uang di internet

    ReplyDelete

Pencarian Artikel

Custom Search