Peluang Usaha Makanan Dengan Modal Kecil

Usaha makanan merupakan usaha yang selalu menarik bagi para pelaku usaha untuk dilirik karena usaha ini merupakan salah satu usaha dengan margin keuntungan yang relatif besar sekitar 40  persen dan merupakan usaha yang tidak akan pernah redup. Selama manusia  tidak bisa berfotosintesis, maka usaha ini tidak akan pernah sepi. Artinya, selama manusia masih membutuhkan asupan makanan untuk menghasilkan energi maka usaha makanan ini akan terus eksis. Ditambah lagi, frekuensi makan manusia dalam sehari cukup besar dan selalu terjadi pengulangan kegiatan makan setiap hari tanpa ada kata bosan makan. hehe.

Masyarakat kita terkenal konsumtif, termasuk dalam hal aktivitas makan. baik itu aktifitas makan besar atau hanya sekedar sebagai camilan. Potensi kuliner Indonesia juga sangat beragam dan memiliki cita rasa khas daerah masing-masing. Kedua hal tersebut merupakan peluang bagus bagi anda untuk segera memulai usaha makanan.
Peluang Usaha makanan Dengan Modal Kecil
Peluang Usaha makanan Dengan Modal Kecil
Akan tetapi tidak semua orang yang melihat peluang dari usaha makanan ini  langsung action membuka usahanya. Masalah klasik yang sering dihadapi dan membuat mereka mengurungkan niatnya adalah kendala modal. Walaupun sebenarnya modal materi bukanlah modal utama membuka suatu usaha, seperti dalam tulisan saya Modal Utama Dalam Menjalankan Usaha. Bagi anda yang terkendala modal untuk memulai usaha makanan, jangan khawatir. karena kabar baiknya adalah ada beberapa usaha makanan yang bisa dijalankan dengan modal kecil di sekitar kita.  

Berikut adalah beberapa peluang usaha makanan dengan modal kecil yang ada di sekitar kita :

1. Usaha Gorengan

Hampir semua orang menyukai jenis makanan yang satu ini. Gorengan adalah makanan yang dicelup adonan tepung kemudian digoreng dalam minyak goreng panas yang banyak. jenis gorengan yang laris manis diantaranya gorengan pisang, tempe, tahu isi, oncom, ubi, singkong, sukun, dan bakwan. biasanya gorengan ini lebih nikmat dimakan dengan cabe rawit hijau. 

Mungkin ada beberapa diantara kita yang menganggap remeh usaha gorengan ini dan malu untuk memulainya. Hal ini wajar karena anda belum mengetahui potensi keuntungan yang diperoleh dari usaha ini. untuk memulai usaha gorengan, anda perlu mengeluarkan modal untuk investasi peralatan penggorengan lengkap dan juga gerobak jika anda memakai sistem gerobak. untuk bahan-bahan untuk membuat gorengan cukup sederhana dengan harga terjangkau. 
Peluang Usaha Makanan Dengan Modal Kecil - Gorengan
Peluang Usaha Makanan Dengan Modal Kecil - Gorengan
berdasarkan pada hasil wawancara saya dengan beberapa penjual gorengan, rata-rata pendapatan bersih mereka antara 50.000 sampai 100.000 per hari. jadi rata-rata penghasilan mereka per bulan sekitar 1,5 juta sampai 3 juta per bulan. itu hanya dari satu gerobak ya. Anda bisa menabung  sebagian pendapatan anda untuk investasi membeli gerobak lagi. Seperti yang dilakukan oleh teman saya, awalnya  dia juga memulai dari satu gerobak dan dia sendiri yang berjualan. Saat ini dia sudah mempunyai total 10 gerobak gorengan, dan mempunyai 10 karyawan.  Dia mengaku dapat untung bersih dari 1 gerobaknya rata-rata 1 juta per bulan. berarti dari 10 gerobak dia mendapat penghasilan sebesar 10 juta per bulan. Waw.. luar biasa kan, hanya dengan bisnis gorengan dan tanpa terlibat langsung di dalamnya, bisa mendapatkan 10 juta per bulan secara semi autopilot. Bagaimana, menarik bukan usaha gorengan ini? bener-bener usaha makanan modal kecil dengan keuntungan yang gurih.

2. Usaha Warung Makan

Jika anda memiliki ketrampilan memasak, maka membuka usaha warung makan adalah solusi yang tepat bagi anda yang ingin memulai usaha. usaha warung makan ini cukup sederhana, anda menyediakan berbagai menu makan sehari-hari kepada konsumen. Usaha warung makan ini akan maksimal hasilnya jika anda membuka di wilayah perkantoran, kampus, sekolah, atau kos-kosan. di wilayah tersebut sebagian besar penduduknya tidak memasak sendiri di rumah dan lebih memilih pergi keluar untuk makan. 
Peluang Usaha Makanan Dengan Modal Kecil - Warung Makan
Peluang Usaha Makanan Dengan Modal Kecil - Warung Makan
Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha warung makan juga lebih kecil dibandingkan jika kita membuka usaha restoran. Dengan modal yang sedikit, anda sudah bisa mendapat keuntungan yang lumayan dari usaha ini, dan yang tidak kalah penting adalah perputaran uang anda sangat cepat. keuntungan usaha warung makan bisa langsung anda nikmati setiap hari. 

3. Usaha Kue

Indonesia mempunyai beragam kue tradisonal maupun kue khas daerah. secara umum, ada dua jenis kue yaitu kue kering dan kue basah.  kue kering ini bersifat kering sehingga bisa disimpan dalam waktu tertentu dan tahan lama. jenis kue ini contohnya seperti nastar, semprit, putri salju, dahlia, dan masih bnyak lagi. karena sifatnya yang tahan lama, maka jenis kue ini bisa dipasarkan secara online dan  pengiriman jarak jauh. jenis kue ini akan laris manis saat momen tertentu misalnya saat menjelang lebaran.

kue basah biasanya bertekstur empuk, lembut, dan basah sehingga tidak tahan lama. Karena sifatnya yang cepat basi, maka kue ini sering kita temui di pasar-pasar tradisional dan dijual langsung habis dalam sehari. kue jenis ini lebih banyak disukai oleh masyarakat daripada jenis kue kering. contoh kue kering adalah seperti lemper, lumpia, lapis, bakpia basah, kue mangkok, cucur, donat, serabi, risol, dan lain-lain. 
Peluang Usaha Makanan Dengan Modal Kecil - Usaha Kue
Peluang Usaha Makanan Dengan Modal Kecil - Usaha Kue
Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini tidak perlu besar. beli alat secukupnya, dan mulai membuat kue yang anda bisa. tidak perlu langsung banyak kue, tapi cukup membuat kue yang sudah anda kuasai dan segera promosikan baik secara offline dengan dititipkan ke warung- warung atau secara online apabila yang anda buat adalah kue kering. Apabila sudah mulai lancar, mulailah membuat jenis kue yang lain lalu promosikan kembali begitu seterusnya. Jika anda telaten, maka hasil yang didapat cukup lumayan dan yang terpenting bisa anda lakukan di rumah.

4. Usaha Angkringan

Mungkin ada beberapa yang masih asing dengan usaha angkringan karena memang usaha ini pertama kali muncul di jawa tengah, Yogyakarta, dan Solo. Angkringan adalah gerobak dorong yang menjual makanan dan minuman dan bisa anda temukan di pinggir  ruas jalan. menu makanannya adalah nasi kucing, gorengan, sate usus, sate telur puyuh, sate ampela, keripik, dan lain-lain. untuk minuman khas dari angkringan adalah wedang susu jahe, wedang jahe, kopi, maupun teh.

Saat ini usaha angkringan sudah berkembang tidak hanya di Jawa tengah tetapi juga sudah merambah ke daerah-daerah lain. sebenarnya yang special dari angkriangan adalah lebih kepada suasana yang ada. Suasana yang diciptakan adalah suasana santai, sederhana, dan penuh keakraban. Hal ini yang membuat angkringan menjadi populer di beberapa daerah bahkan saat ini sudah banyak yang menjadikan usaha waralaba. 
Peluang Usaha Makanan Dengan Modal Kecil - Angkringan
Peluang Usaha Makanan Dengan Modal Kecil - Angkringan
Walaupun modal yang dibutuhkan sedikit, usaha angkringan memiliki potensi penghasilan yang menarik. Saya punya kenalan yang menekuni usaha angkringan ini. Saat ini dia mempunyai 15 gerobak angkriang. Dari hasil usaha angkringan ini, dia sudah mempunyai rumah dan mobil pribadi. Menarik kan? Silahkan dicoba peluang usaha angkringan ini. 

5. Waralaba

Saat ini sudah banyak bisnis waralaba yang menawarkan harga paket murah. mulai paket di bawah 10 juta sampai paket di bawah 5 juta juga tersedia. Usaha waralaba merupakan peluang menarik bagi anda yang tidak mau repot untuk memulai usaha dari awal. Dengan membeli suatu waralaba tertentu anda bisa langsung menjalankan usaha dengan merk, sistem, dan prosedur yang sudah siap pakai. 
Peluang Usaha Makanan Dengan Modal Kecil - Waralaba
Peluang Usaha Makanan Dengan Modal Kecil - Waralaba
Ada hal yang harus diperhatikan ketika anda akan memutuskan untuk memilih usaha waralaba. Yang pertama pilihlah waralaba yang mempunyai produk non musiman. Pilihlah waralaba yang mempunyai produk yang kira-kira akan selalu laku dalam jangka waktu lama. Hal penting yang kedua adalah pemilihan lokasi. Saat anda menentukan lokasi dimana anda akan membuka usaha tersebut, pilihlah di tempat keramaian. semakain ramai semakin bagus dan meningkatkan profit usaha anda.  Jadi anda tidak perlu galau lagi jika anda ingin memulai usaha dengan modal terbatas dan tidak mempunyai keahlian, solusinya adalah dengan membeli usaha waralaba.  Anda hanya perlu cermat memilih waralaba mana yang produknya menarik dan jangka panjang, kemudian menentukan lokasi yang strategis.

Baca selengkapnya tentang Bisnis Waralaba di sini 

Kesimpulan

Tidak ada alasan bagi anda untuk menunda memulai usaha karena alasan modal. banyak peluang usaha yang dapat anda jalankan dengan modal kecil. Tidak berarti dengan modal materi yang kecil, membuat penghasilan anda juga ikut mengecil, contohnya adalah usaha yang telah dijelaskan di atas. Ingat sekali lagi yang menentukan kesuksesan anda bukanlah banyaknya modal materi yang anda miliki, tetapi lebih kepada modal non materi yaitu ketekunan, semangat, dan kerja keras. Usaha keras tidak akan pernah mengkhianati.

Baca Juga :  10 Jenis Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

Berikut kami sajikan tayangan video tentang Peluang usaha makanan dengan modal kecil :

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Peluang Usaha Makanan Dengan Modal Kecil"

  1. Nicos@ wah sepertinya boleh tuh buwat modal usaha.....

    ReplyDelete
  2. pengen sich memiliki usaha rumahan seperti ini, tp sayang bgt nggak bisa masak.. he..hee..

    ReplyDelete

Pencarian Artikel

Custom Search