Bisnis Online Tanpa Modal Dengan Sistem Dropship

Bisnis online tanpa modal, ada ga sih?. Begitulah kira-kira pertanyaan yang sering ditanyakan oleh teman-teman  yang ingin memulai bisnis online dengan keterbatasan modal. Kalau boleh jujur, sebenarnya tidak ada satupun yang namanya bisnis itu tanpa modal. Yang ada adalah Bisnis dengan modal kecil. Apapun itu bisnisnya, pasti membutuhkan modal walaupun hanya sekedar keluar uang untuk internetan jika anda berbisnis online. Pengeluaran kita untuk membeli paket internet atau untuk berlangganan internet juga termasuk modal.

Oke, jadi sudah sepakat ya bahwa tidak ada bisnis yang tanpa modal?. Yang ada adalah bisnis dengan modal kecil. kalau sudah sepakat, silahkan meneruskan membaca. hehe. Langsung to the point ya, menurut pengamatan dan pengalaman saya sejauh ini, jenis bisnis yang bisa dijalankan dengan modal kecil atau sangat kecil adalah bisnis online. Ada banyak jenis bisnis online yang bisa kita tekuni seperti  toko online, publisher adsense, affiliate, CPA, dan masih banyak lagi.

Artikel terkait bisnis online, bisa anda pelajari lebih lengkap di sini :  Bisnis Online

Pada artikel kali ini, masfrandy.com akan membahas salah satu jenis bisnis online yaitu toko online. Toko online dengan modal yang sangat kecil sekali yaitu toko online dengan sistem dropship. Mari kita simak pembahasan yang menarik berikut ini.

Sistem Dropship

Dropship adalah sistem penjualan yang sedang ngetrend  saat ini. Karena dengan sistem ini baik dropshipper (orang yang melakukan dropship) maupun supplier sama- sama mendapat keuntungan. Dropship adalah sebuah sistem dimana anda tidak perlu mempunyai stok produk untuk menjual produk tersebut. Tugas anda hanya mempromosikan produk tersebut, jika ada pembeli, maka pembeli akan mentransfer pembayaran ke rekening anda, kemudian anda menghubungi supllier produk untuk mengirim barangnya ke konsumen atas nama anda. Seperti itulah sistem dropship, cukup simpel.

Berikut ini adalah gambar mengenai sistem dropship agar anda lebih mudah memahaminya :
Bisnis Online Tanpa Modal Dengan Sistem Dropship
Bisnis Online Tanpa Modal Dengan Sistem Dropship
Sistem dropship ini akan semakin banyak digunakan oleh pelaku toko online karena saling menguntungkan. Bagi supplier, produknya akan lebih cepat terdistribusi ke tangan konsumen. Selain itu, akan mengurangi beban promosi, karena para dropshipper  yang akan banyak bergerilnya melakukan promosi langsung ke konsumen. Bagi supplier, dropshipper adalah aset yang harus mereka jaga dengan baik . Kunci keberhasilan supplier mempunyai banyak dropshipper adalah pelayanan yang istimewa untuk dropshipper. Pelayanan yang paling penting disediakan supplier adalah informasi tentang stok produk yang selalu update dan dapat diakses dropshipper kapan saja, tanpa perlu bertanya ke supplier. Penyajian data stok produk terupdate yang paling simple bisa disajikan dalam bentuk google docs.

Bagi dropshipper sendiri, keuntungannya jelas, karena tidak perlu keluar uang untuk stok produk atau tidak perlu punya produk sendiri. jadi bisa fokus ke penjualan. Kemudahan ini menjadi peluang bagi siapa saja untuk berbisnis karena hampir tidak diperlukan modal untuk memulainya.

Kelebihan dan Kelemahan Dropship

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan sistem dropship yang harus anda tahu, sebelum memutuskan untuk memulainya.

Kelebihan Dropship :

1. Tanpa Modal Besar

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, bahwa dengan sistem dropship kita tidak perlu mempunyai stok produk, tidak perlu sewa tempat usaha. Kita hanya fokus pada promosi produk. Untuk awalan, anda bisa mengoptimalkan sosial media untuk mempromosikan produk. Tiga besar sosial media yang paling bagus untuk promosi adalah facebook, twitter, dan Instagram. Semuanya bisa anda lakukan gratis, dan keuntungan maksimal jika anda fokus dan tekun.

2. Sistem yang Sederhana dan Praktis

Dalam sistem dropship, tugas anda hanyalah promosi produk, melayani konsumen , dan komunikasi ke supplier. Sedangkan proses pengadaan barang, pengemasan barang, sampai proses pengiriman barang, sudah menjadi tugas supplier. Hal ini sangat praktis dan bisa anda kerjakan sendirian tanpa perlu banyak rekrut karyawan.

3. Fleksibel

Saat anda pergi berlibur atau dalam perjalanan, anda tetap bisa menjalankan bisnis anda. Berbekal gadget seperti Tab dan hanphone android yang terintegrasi dengan Whatsapp dan blackberry messenger dan akun intagram anda, anda tetap bisa memposting produk dan berinteraksi dengan konsumen maupun dengan supplier. Apalagi kalau anda sudah melakukan listbuilding melalui BBM, maka saat anda bepergian, cukup dengan mengganti -ganti DP anda, maka sudah banyak transaksi yang akan terjadi. Untuk mengetahui lebih jauh tentang apa itu list buiding BBM, silahkan baca di artikel saya yang lain tentang cara mudah menghasilkan uang dengan BBM.

Artikel terkait : Cara Mudah Menghasilkan Puluhan Juta Dengan Blackberry Messenger

Kelemahan Dropship

1. Tidak Ada Update Stok Produk dari Supplier 

Ketersedian stok produk terbaru yang ada di supplier, tidak bisa kita ketahui karena supplier tidak memberikan pelayanan update stok produk secara realtime. Kondisi ini akan semakin buruk saat produk kita adalah fashion dimana produk tersbut mempunyai banyak atribut dalam satu model seperti ukuran dan warna. Akan menjadi hal yang sangat merepotkan, jika setiap ada pembeli menanyakan ketersediaan produk, kita tidak bisa langsung menjawab, tetapi masih bertanya ke supplier dulu , dan masih harus menunggu lagi jawaban dari supplier.

Solusinya, pilihlah supplier yang menyediakan fasilitas update stok produk secara realtime, sehingga kita bisa mengecek ketersediaan produk dengan cepat dimanapun dan kapanpun. Terutama jika produk anda adalah pakaian yang mempunyai atribut size dan warna. maka wajib memilik supplier yang menyediakan layanan update stok realtime.

2. Sulit Memberikan Penjelasan Saat terjadi Komplain

Sifat dan karakter pembeli toko online sangat beragam. Ada yang ramah dan tidak banyak tanya, ada yang tidak banyak tanya langsung transfer. Ada yang nanya-banya terus tapi tidak jadi membeli. Ada juga yang cerewet dan super cerewet. Nah sebagai penjual kita harus mengetahui hal ini dan sudah siap menghadapi berbagai karakter pembeli.

Dalam beberapa sedikit kasus, kadang ada komplain dari pembeli saat barang diterima. Ada yang kecewa dengan kualitasnya atau  protes karena kemasan paket yang diterima rusak. Saat mereka komplain ke kita, kita sering kesusahan menjelaskan karena memang kita tidak terlibat langsung dalam proses pengemasan barang apakah sudah aman atau memang yang bersalah ada di pihak jasa pengiriman. Untuk meminimalisir hal seperti itu, kita bisa membuat sistem pengkodean kiriman produk. Mintalah kepada supplier untuk memberikan tanda kode pengiriman pada setiap paket yang akan dikirim dan memfotonya. sebagai bukti bahwa paket sudah dipacking secara rapi dan aman. Untuk barang dengan nilai tinggi atau mudah rusak, selalu tawarkan asuransi pengiriman kepada konsumen, untuk proteksi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama proses pengiriman barang.

3. Tidak Mempunyai Informasi Produk Secara Detail.

Sebelum membeli , konsumen akan bertanya-tanya tentang informasi produk tersebut.  Jika pertanyaan konsumen pertanyaan standar, maka tidak ada masalah bagi kita dalam memberikan jawaban. Akan menjadi masalah ketika ada beberapa konsumen yang bertanya secara detail dan kita tidak tahu persis jawaban yang benar seperti apa. Pasti kita akan bertanya ke supplier lebih dulu dan ini sangat merepotkan. Solusinya, sebelum dropship suatu produk, anda membeli dulu satu produk sebagai sampel anda di rumah agar anda tahu secara fisik kondisi barang tersebut. Dengan demikian anda bisa percaya diri menjawab setiap pertanyaan konsumen.

Demikian tadi uraian mengenai bisnis online sedikit modal dengan sistem dropship. Adanya sistem dropship ini, memberi kesempatan yang luas kepada siapa saja yang mau memulai bisnis dengan keterbatasan modal. Meskipun memiliki banyak keunggulan, sistem ini juga memilki kelemahan yang perlu kita antisipasi. Dengan berbagai solusi yang sudah dijelaskan di atas, kita bisa meminimalkan risiko yang terjadi saat melakukan dropship.Semoga informasi ini bisa menjadi referensi bagi anda yang akan memulai bisnis tetapi terkendala dengan modal, semoga bermanfaat.

Artikel terkait :  Tips Memulai Bisnis Pakaian Dengan Modal Kecil

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Bisnis Online Tanpa Modal Dengan Sistem Dropship"

  1. Min saraninin dong supplier yang menyediakan fasilitas update stok produk yang realtime

    ReplyDelete
  2. Bisnis Online dropship harus teliti memilih supplier yang dipercaya

    ReplyDelete

Pencarian Artikel

Custom Search