Bisnis Online, Potensi Penghasilan Tidak Terbatas

Jumlah pengguna internet di indonesia terus meningkat dari waktu ke waktu. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, menyebutkan bahwa saat ini pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 57% dari total penduduk, atau sekitar 137 juta pengguna. Tidak hanya jumlah pengguna internet saja yang meningkat jumlahnya, tetapi pertumbuhan bisnis di tanah air juga mengalami pertumbuhan yang pesat, terutama bisnis yang berhubungan dengan teknologi internet.

Berbicara tentang bisnis internet di tanah air, ada beberapa  perusahaan lokal maupun startup yang  cukup familiar dan berhasil mendirikan bisnis e-commerce ternama. Secara garis besar, jenis e-commerce yang mereka bangun dibagi menjadi 4 kategori yaitu :  Forum, Iklan baris, Business to Consumer, dan marketplace. Untuk kategori  forum,  yang terkenal adalah kaskus dan ads.id. Untuk kategori iklan baris, situs yang paling populer adalah tokobagus (sekarang olx) dan berniaga. Kategori business to consomers seperti Bhinneka, Lazada Indonesia, Agoda, Zalora Indonesia, dan Groupun Indonesia. Sedangkan kategori terakhir adalah marketplace. Enam marketplace terbesar di Indonesia adalah Tokopedia, Bukalapak, Elevenia, Qoo10 Indonesia, Lamido Indonesia, dan Rakuten Indonesia.

Potensi besar yang ada di pasar online, tidak hanya dinikmati oleh perusahaan besar yang mempunyai modal raksasa seperti yang telah disebutkan di atas, tetapi juga terbuka lebar  untuk dinikmati oleh para pengusaha UKM dan juga perorangan. Berikut ini akan diulas tentang potensi penghasilan tak terbatas dari bisnis online  bagi usaha kecil maupun bagi perorangan.
Bisnis Online, Potensi Penghasilan  Tidak Terbatas
Bisnis Online, Potensi Penghasilan  Tidak Terbatas
Tipe Bisnis Internet

Sebelum membahas potensi penghasilan bisnis online, ada baiknya kita membahas beberapa tipe bisnis online yang mempunyai potensi luar biasa. Hal ini penting agar pembaca tidak salah paham mengenai bisnis online. Karena ada banyak di luar sana bisnis - bisnis tidak jelas yang mengatasnamakan dirinya bisnis online. Padahal sama sekali itu bukanlah bisnis online melainkan hanya jenis money game, arisan berantai online, investasi bodong, atau skema penipuan lain yang berkedok  bisnis. Diharapkan dengan uraian tentang tipe bisnis  di bawah ini bisa memberikan pencerahan bagi pembaca sehingga bisa membedakan mana yang termasuk bisnis online asli yang mempunyai aktifitas di bisnis didalamnya, dan mana yang merupakan money game dan penipuan yang berkedok bisnis online.

Secara garis besar, ada 5 tipe bisnis online di sekita kita. kelima tipe tersebut adalah tipe toko online, content publisher, Affiliate marketing, CPA marketing, dan product Creator.

1. Toko online

Tipe bisnis online yang satu ini pasti kalian sudah sangat paham. Bisnis online ini menjual produk dagangannya melalui online. Media yang digunakan adalah website yang menyajikan etalase barang dagangan layaknya etalase di toko fisik. Cara berpromosinya sangat beragam mulai dari media sosial, SEO, sampai promosi iklan berbayar. Karena sistem toko online yang simpel, banyak orang mencoba memulai bisnisnya dengan membuka toko online. Bahkan seiring dengan perkembangan teknologi gadget dan alat komunikasi, memungkinkan pelaku toko online menjalankan bisnisnya kapan saja dan dimana saja dengan hanya bermodal aplikasi blackberry messenger. Pelajari selengkapnya di artikel terkait :  Cara Mudah Menghasilkan Uang Puluhan Juta Dengan Blackberry Messenger.

Jika anda ingin memulai bisnis toko online tetapi terkendala modal, sehingga tidak bisa stok produk sendiri, maka saat ini sudah ada solusinya yaitu dengan sistem dropship. Bisnis model dropship diperkirakan akan menjadi tren bisnis beberapa tahun ke depan di tanah air karena sistemnya yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Simak selengkapnya di artikel terkait :  Bisnis Online Tanpa Modal Dengan Sistem Dropship.

Artikel terkait tentang toko online :  Peluang Usaha Online Shop

2. Content Publisher

Sebuah model bisnis dimana tugas anda adalah membuat konten (artikel, video, audio) dan mempublishnya ke website. Anda mendapatkan penghasilan dari pihak ketiga (dalam hal ini yang paling populer adalah Google) karena menyediakan space iklan di website anda. Anda mendapatkan dolar setiap klik iklan yang terjadi di website anda. Jadi, agar penghasilan anda semakin besar, maka perbanyaklah jumlah orang yang mengunjungi website anda, dengan demikian peluang untuk mendapatkan klik iklan akan semakin besar. Berapa jumlah dolar yang bisa dihasilkan? Tidak ada batasan berapa anda akan dibayar, selama anda bisa mengelola website  dengan baik, maka dolar akan terus mengisi kantong.

3. Affiliate Marketing

Sebagai affiliate marketer tugas anda adalah mempertemukan antara penjual dan pembeli. Produk yang anda pasarkan bisa berupa produk fisik maupun produk digital. Anda bisa menjadi affiliate marketer produk fisik dengan mendaftar di Amazon yang merupakan retail online terbesar di dunia. Untuk produk - produk digital, anda bisa bergabung di clickbank karena mempunyai banyak sekali produk digital yang bisa dipasarkan dengan potensi keuntungan yang menggiurkan.

4. CPA Marketing

CPA marketing adalah model bisnis yang unik hampir mirip dengan affiliate marketing. Jika affiliate anda menjual produk, maka di CPA ini anda menjual leads. Leads bisa berupa : nama, email, alamat lengkap, no handphone, dan data lengkap lainnya . Anda mendapatkan  penghasilan dari setiap leads valid yang anda berikan. Besarnya nilai leads beragam tergantung dari market mana leads anda berasal.

5. Product Creator

Anda adalah pemilik dan pembuat produk, kemudian memasarkannya melalaui internet. Dalam hal ini yang dimaksud product creator cenderung kepada pembuat produk digital. Jika anda mempunyai keahlian di bidang tertentu, silahkan mencoba membuat produk anda sendiri berupa informasi dan pengetahuan lalu menjualnya secara online. Potensi pasar dari produk digital ini semakin banyak sehingga bisa anda maksimalkan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Anda hanya perlu bekerja keras di awal, setelah produk dan sistem terbentuk, anda tinggal menikmati hasilnya.

Potensi Penghasilan Bisnis Online Yang Tidak Terbatas

Menentukan pilihan untuk menjadi pebisnis online secara  full time adalah pilihan yang sangat tepat saat ini. Meskipun masih ada juga yang menganggap sebelah mata profesi yang satu ini, mungkin karena kerjanya setiap hari nongkrong di rumah dan di depan komputer. hehe. Jika kita teliti lebih jauh, bahwa perkembangan dunia ini semakin hari semakin serba digital. Gaya hidup, cara berkomunikasi, cara berbisnis, dan cara apapun itu semua akan mengarah kepada digitalisasi.

Ingat Pada zaman dulu dimana manusia hanya mengenal cocok tanam sebagai satu-satunya mata pencaharian utama, maka  orang yang berkuasa dan banyak harta adalah orang yang mempunyai lahan pertanian paling luas, semakin luas lahan yang dimiliki, semakin kaya raya dan berkuasa. Kemudian zaman bergeser ke arah yang lebih maju dengan ditemukannya mesin-mesin yang mempermudah dan membantu manusia melakukan pekerjaan dengan cepat. Pada zaman itu, orang yang memiliki dan menguasai banyak mesin adalah orang- orang sukses dan berkuasa. Pada zaman ini dikenal juga dengan zaman revolusi industri. Kemudian saat ini, adalah zaman dimana era kejayaan industri mulai lemah. Orang yang sukses dan kaya raya di zaman ini bukanlah orang yang mempunyai banyak mesin dan industri besar, bahkan saat ini banyak pabrik  yang tutup karena merugi. Yang menjadi pemenang pada zaman ini adalah orang-orang yang menguasai teknologi internet dan digital. Contoh manusia - manusia sukses pada zaman ini adalah Bill Gates pemilik microsoft, Steve Job pemilik Apple, dan Mark Zuckerberg pemilik facebook.

Jadi, menjadi pebisnis online adalah suatu profesi yang sangat menjanjikan saat ini. Jika anda tekun, fokus, dan bersungguh - sungguh menekuni bisnin online, maka impian anda mendapatkan penghasilan melimpah akan menjadi kenyataan. Di Indonesia sendiri, sudah banyak mastah - mastah yang memiliki penghasilan ratusan juta bahkan milyaran rupiah sebulan dari bisnis online.

Kebanyakan dari mereka tidak terekspos media karena memang pekerjaan mereka dibalik layar. Hanya sebagian kecil dari para master bisnis online yang muncul di media . Beberapa hari yang lalu, saya sempat dikejutkan oleh status dari salah satu mastah Adsense Indonesia. Beliau men-share gambar berupa tumpukan lembaran uang berwarna merah bergambar Soekarno-Hatta, hasil dari Google adsense. Sontak saja hal ini menjadi trending topic di facebook beberapa waktu lalu. Bagi saya, ini merupakan motivasi luar biasa yang memicu semangat saya untuk mengikuti jejaknya. Hal ini sekaligus menjadi bukti bahwa jika kita serius dan sungguh - sungguh di bisnis online, maka penghasilan yang melimpah siap- siap anda terima. Jika anda penasaran dengan beliau, silahkan langsung saja sapa orangnya,  beliau adalah Mas Dian.

Masih banyak lagi mastah - mastah lain di bisnis online yang penghasilannya super keren, ada yang terang-terangan dan aktif di sosial media, dan banyak yang diam-diam dengan penghasilan yang menggiurkan.  Yang terpenting sekarang  adalah berusaha sekuat tenaga sampai titik darah penghabisan. Jika anda belum berhasil saat ini jangan berkecil hati, teruslah berusaha, minimal anda ikut bahagia dan termotivasi jika ada mastah yang share earningnya, bukan malah sakit hati. Jika anda masih sakit hati melihat kesuksesan orang lain, maka segera intropeksi diri, karena ada penyakit berbahaya hinggap di dalam diri anda yang akan menjadi penghambat keberhasilan. Tidak ada alasan lagi bagi anda yang masih suka mengkambinghitamkan modal uang sebagai penyebab utama kegagalan. Karena sebenarnya modal utama dalam usaha adalah karakter dan mindset wirausaha yang benar.

Artikel terkait :  Modal Utama dalam Menjalankan Usaha

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bisnis Online, Potensi Penghasilan Tidak Terbatas"

Post a Comment

Pencarian Artikel

Custom Search